PERANCANGAN DAN ANALISIS KELAYAKAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA PRAKTIK DOKTER UMUM (Studi Kasus : Praktik Dokter Umum dr. Tri Indriani)

Febryan, Alhamdi (2022) PERANCANGAN DAN ANALISIS KELAYAKAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA PRAKTIK DOKTER UMUM (Studi Kasus : Praktik Dokter Umum dr. Tri Indriani). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (218kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (145kB)
[img] Text (BAB VI Penutup)
BAB VI Penutup.pdf - Published Version

Download (55kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi membawa pengaruh dan kemajuan pada berbagai bidang, salah satunya pada bidang kesehatan. Tuntutan pelayanan dan pengelolaan informasi secara terintegrasi menjadi sangat penting di setiap layanan kesehatan, termasuk pada layanan praktik dokter umum. Praktik dokter umum dr. Tri Indriani merupakan salah satu pelayanan kesehatan yang cukup ramai dikunjungi oleh masyarakat setempat. Semakin banyaknya kunjungan pasien tentunya akan menyulitkan petugas praktik dokter tersebut dalam pengelolaan proses administrasi dan operasional karena saat ini kegiatan tersebut masih dilakukan secara manual. Hal itu menyebabkan sistem yang sedang berjalan dinilai kurang efektif dan efisien. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diperlukan perancangan sistem informasi manajemen pada praktik dokter umum dr. Tri Indriani. Sistem informasi tersebut dirancang dengan menggunakan metode waterfall. Proses pengimplementasian sistem informasi manajemen pada praktik dokter umum dr. Tri Indriani tentunya akan mengeluarkan biaya dengan tingkat pengembalian yang sulit untuk diukur. Pengukuran kelayakan investasi dilakukan sebagai acuan bagi praktik dokter tersebut untuk menentukan kelanjutan dari pengimplementasian sistem informasi manajemen yang telah dirancang. Dalam penelitian ini kelayakan investasi sistem informasi dihitung dengan menggunakan metode analisis biaya dan manfaat. Penelitian ini menghasilkan suatu rancangan sistem informasi berbasis web dan dilengkapi dengan beberapa fitur yang akan digunakan oleh pihak praktik dokter umum dr. Tri Indriani. Selain itu, juga dihasilkan sistem berbasis mobile yang akan digunakan pasien untuk melakukan pengambilan nomor antrian pemeriksaan. Adanya sistem informasi ini diharapkan dapat membantu seluruh kegiatan operasional dan administrasi menjadi efektif dan efisien sehingga meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada pasien yang berkunjung ke praktik dokter tersebut. Hasil penghitungan kelayakan investasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa sistem informasi manajemen yang telah dirancang layak untuk diimplementasikan pada praktik dokter umum dr. Tri Indriani. Hal tersebut didasari pada penghitungan yang telah dilakukan dengan menggunakan alat analisis berupa payback period, benefit cost ratio, dan net present value.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng Ardhian Agung Yulianto, S.Kom, M.T
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Manajemen, analisis kelayakan, waterfall
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 26 Dec 2022 07:03
Last Modified: 26 Dec 2022 07:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/119955

Actions (login required)

View Item View Item