GAMBARAN POTENSI KEJADIAN POST-TRAUMATIC STRESS DISORDER (PTSD) PADA PENYINTAS COVID-19 DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS ANDALAS

Sri, Wahyuni (2022) GAMBARAN POTENSI KEJADIAN POST-TRAUMATIC STRESS DISORDER (PTSD) PADA PENYINTAS COVID-19 DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (73kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (116kB)
[img] Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (37kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (128kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full Text_Sri Wahyuni.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Post-traumatic Stress Disorder (PTSD) adalah gangguan kesehatan mental yang tengah dialami oleh seorang individu setelah mengalami peristiwa traumatis, seperti kecelakaan lalu lintas, bencana, perang, dan pandemi. Salah satu stressor baru yang dinilai dapat memicu timbulnya PTSD adalah pandemi COVID-19. Khususnya pada penyintas COVID-19 rawat inap ditemukan adanya gejala sisa berupa PTSD, kecemasan, dan depresi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran kejadian PTSD pada penyintas COVID-19 yang menjalani rawat inap saat terinfeksi di Rumah Sakit Universitas Andalas. Penelitian dilakukan pada 75 penyintas COVID-19 rawat inap di Rumah Sakit Universitas Andalas. Sampel mengisi kuesioner PCL-5 sebagai alat skrining kemungkinan terjadinya PTSD. Data yang telah didapatkan dan dikumpulkan, selanjutnya akan dianalisis dengan teknik total sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 9,3% penyintas COVID-19 rawat inap berpotensi mengalami PTSD. Sebagian besar penyintas COVID-19 rawat inap yang berpotensi PTSD adalah perempuan dengan rentang usia 15 sampai 24 tahun. Pemicu PTSD terbanyak yang ditemukan adalah adanya mengalami kejadian traumatis yang mengancam jiwa saat terinfeksi COVID-19 sebesar 71,4%. Pada penelitian juga didapatkan bahwa gejala klinis COVID-19 yang dialami oleh penyintas saat terinfeksi COVID-19 merupakan faktor dominan yang mempengaruhi kejadian potensi PTSD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Arina Widya Murni,Sp.PD,K-Psi,FINASIM
Uncontrolled Keywords: Post-traumatic Stress Disorder (PTSD), penyintas COVID-19, gejala PTSD, pemicu PTSD
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 27 Dec 2022 01:58
Last Modified: 27 Dec 2022 01:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/119922

Actions (login required)

View Item View Item