HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN TINDAKAN MENYIKAT GIGI DENGAN KEJADIAN KARIES ANAK USIA 10-12 TAHUN DI SDN 32 TANJUANG BONAI KABUPATEN TANAH DATAR

Difabella, Melinda Putri (2022) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN TINDAKAN MENYIKAT GIGI DENGAN KEJADIAN KARIES ANAK USIA 10-12 TAHUN DI SDN 32 TANJUANG BONAI KABUPATEN TANAH DATAR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (78kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (119kB)
[img] Text (Bab VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (41kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (178kB)
[img] Text
Skripsi Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Prevalensi masalah karies gigi pada anak di Indonesia mencapai angka 55,6%. Tingginya angka karies gigi dipengaruhi oleh kurangnya pengetahuan tentang kesehatan gigi hingga menyebabkan rendahnya tindakan perawatan gigi yang benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan tingkat pengetahuan kesehatan gigi dan tindakan menyikat gigi dengan kejadian karies anak usia 10-12 tahun. Desain penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional study. Sampel penelitian berjumlah 110 orang yang diambil dengan teknik stratified random sampling menggunakan metode lotere. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi karies gigi, kuesioner pengetahuan kesehatan gigi, dan lembar observasi tindakan menyikat gigi. Data dianalisis menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari sebagian responden mengalami karies gigi (74,5%), memiliki pengetahuan yang buruk (62,7%), dan tidak menyikat gigi sesuai SOP (71,8%). Terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan kesehatan gigi (p = 0,000) dan tindakan menyikat gigi (p = 0,000) dengan kejadian karies gigi. Disarankan adanya upaya promotif melalui edukasi kesehatan kepada anak usia sekolah khususnya tentang kesehatan gigi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Deswita, M.Kep, Sp.Kep.An
Uncontrolled Keywords: Karies, Pengetahuan, Tindakan, Kesehatan Gigi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 23 Dec 2022 07:50
Last Modified: 23 Dec 2022 07:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/119887

Actions (login required)

View Item View Item