STRATEGI GREENPEACE DALAM KAMPANYE ANTI PERBURUAN PAUS SETELAH JEPANG KELUAR DARI INTERNATIONAL WHALING COMMISSION (IWC)

Arib, Fadhlurrahman M (2022) STRATEGI GREENPEACE DALAM KAMPANYE ANTI PERBURUAN PAUS SETELAH JEPANG KELUAR DARI INTERNATIONAL WHALING COMMISSION (IWC). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (158kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (365kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
Bab V.pdf - Published Version

Download (123kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (264kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Perburuan paus merupakan suatu budaya yang mana sudah besar di negara Jepang. Namun, disini ada norma internasional yang mana melarang melakukan perburuan paus yang dipromosikan salah satunya Greenpeace. Penelitian ini membahas mengenai bagaimana stategi Greenpeace dalam kampanye anti perburuan paus setelah Jepang keluar dari International Whaling Commission (IWC). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan. Penelitian ini menggunakan konsep Role of Civil Society yang mana terdiri dari strategi persuasif, kolaboratif, konfrontasional dan juga menggunakan konsep shaming yang mana terdiri dari soft shaming dan hard shaming. Penelitian ini menemukan bahwa Greenpeace melakukan aksi kampanye anti perburuan paus melalui mendokumentasikan perburuan kepada publik untuk mempengaruhi opini publik, menyebarkan petisi mengenai perburuan paus, melakukan kampanye melalui media sosial, menuntut Jepang ke mahkamah internasional terkait program perburuan paus, menyampaikan kritikan terhadap perburuan paus kepada pemerintah Jepang, Greenpeace juga melakukan aksi pencegatan secara lansung dengan menaiki kapal penangkap ikan paus milik Jepang dan memaksa untuk kembali ke pelabuhan, dan Greenpeace juga melakukan aksi protes dengan membawa balon dengan motif paus di dekat kapal pemburu paus yang menyebabkan 6 orang demonstan ditangkap dan ditahan oleh polisi Jepang. Kata Kunci : Jepang, Greenpeace, International Whaling Commission, Role of Civil Society, Shaming.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Zulkifli Harza, S.IP.,M.Soc.Sc
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: s1 ilmu hubungan internasional
Date Deposited: 23 Dec 2022 08:10
Last Modified: 23 Dec 2022 08:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/119859

Actions (login required)

View Item View Item