PERSEPSI MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI FISIP UNIVERSITAS ANDALAS PADA POPULARITAS BTS DAN BLACKPINK SEBAGAI BRAND AMBASSADORS E-COMMERCE TOKOPEDIA

Annisa, Defa Sasgita (2022) PERSEPSI MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI FISIP UNIVERSITAS ANDALAS PADA POPULARITAS BTS DAN BLACKPINK SEBAGAI BRAND AMBASSADORS E-COMMERCE TOKOPEDIA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (336kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (104kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (126kB)
[img] Text (Full Skripsi Text)
SKRIPSI ANNISA DEFA SASGITA PERSEPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis bagaimana persepsi mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Andalas pada popularitas BTS dan Blackpink sebagai brand ambassadors Tokopedia. Analisis persepsi untuk memahami bagaimana khalayak memaknai pesan yang disampaikan oleh media sehingga mempengaruhi tindakan dan sikap dari khalayak. Untuk membahas permasalahan tersebut, peneliti menggunakan teori persepsi untuk menjelaskan bagaimana khalayak memaknai pesan dan mempengaruhi sikap dan tindakan berdasarkan pengalamannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif serta paradigma post-positivisme. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada analisis data, peneliti menggunakan analisis analisis interaktif Miles dan Huberman Punch melalui tiga tahap, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informan menanggapi bahwa popularitas BTS dan Blackpink sebagai brand ambassadors dianggap mampu meningkatkan jumlah pengguna Tokopedia. Hal tersebut karena para informan menganggap bahwa penggemar BTS dan Blackpink sangat banyak di Indonesia, sehingga para informan menganggap bahwa langkah Tokopedia menjadikan BTS dan Blackpink sebagai brand ambassadors sangat tepat untuk meningkatkan jumlah pengguna. Pada penelitian ini juga didapatkan hasil bahwa lima dari delapan informan menggunakan aplikasi Tokopedia karena BTS dan Blackpink menjadi brand ambassadors.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Elva Ronaning Roem, S.Sos, M.Si
Uncontrolled Keywords: Blackpink, BTS, Brand Ambassadors, Persepsi, Tokopedia
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 23 Dec 2022 07:23
Last Modified: 23 Dec 2022 07:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/119811

Actions (login required)

View Item View Item