KOMODIFIKASI SEX EDUCATION PADA CHANNEL YOUTUBE (ANALISIS WACANA KRITIS KONTEN SEX EDUCATION PADA CHANNEL YOUTUBE JAKARTA UNCENSORED)

Surya, Agus Dela (2022) KOMODIFIKASI SEX EDUCATION PADA CHANNEL YOUTUBE (ANALISIS WACANA KRITIS KONTEN SEX EDUCATION PADA CHANNEL YOUTUBE JAKARTA UNCENSORED). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (104kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (190kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (61kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (188kB)
[img] Text
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Jakarta Uncensored merupakan salah satu channel yang melakukan komodifikasi terhadap wacana sex education. Bentuk komodifikasi sex education ini dapat dilihat dalam bentuk product placement. Komodifikasi yang dilakukan Jakarta Uncensored dilakukan dengan cara mendekonstruksi atau merubah makna dari sex education itu sendiri. Perubahan makna ini dilakukan agar sex education yang awalnya memiliki nilai edukasi menjadi nilai tukar, sehingga menjadi komoditas yang menguntungkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur teks dan wacana sex education melalui analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk. Serta menganalisis proses komodifikasi Jakarta uncensored dengan menggunakan teori ekonomi politik media. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis wacana kritis (AWK) dari Teun A. Van Dijk. Pendekatan tersebut terdiri dari dimensi teks, kognisi sosial dan konteks sosial. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, struktur teks dan wacana sex education yang ditampilkan Jakarta Uncensored mengalami dekonstruksi atau perubahan makna. Jakarta uncensored tidak menyampaikan sex education sebagai informasi yang sepenuhnya mengandung edukasi, melainkan juga ditambahkan dengan penyampaian kehidupan seksual narasumber. Praktik komodifikasi yang dilakukan Jakarta Uncensored terdiri dari komodifikasi konten, komodifikasi khalayak dan komodifikasi pekerja. Jakarta Uncensored menjadikan kehidupan seksual sebagai komoditas yang dijual untuk memperoleh keuntungan dari product placement.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Vitania Yulia, M.A
Uncontrolled Keywords: Jakarta Uncensored, Komodifikasi, Sex Education.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 23 Dec 2022 03:12
Last Modified: 23 Dec 2022 03:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/119792

Actions (login required)

View Item View Item