Atik, Risalah Matondang (2022) PENGALAMAN KOMUNIKASI PENGGUNA TIKTOK PADA REMAJA DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrak - Atik Risalah.pdf - Published Version Download (160kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (436kB) |
|
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version Download (30kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (171kB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI ATIK RISALAH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penggunaan TikTok di kalangan remaja menjadi fenomena di berbagai kota di Indonesia. Remaja melakukan berbagai aktivitas dan merepresentasikan hidupnya pada TikTok. Fenomena yang muncul, remaja menggunakan sebagai kreativitas, hobi. Namun, juga muncul fenomena perilaku komunikasi remaja yang negatif saat berkomunikasi di TikTok. Hal ini melatarbelakangi peneliti untuk meneliti pengalaman komunikasi pengguna TikTok pada remaja di Kota Padang. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengalaman perilaku komunikasi penggunaan TikTok oleh remaja di Kota Padang serta mengetahui pemaknaannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Paradigma yang digunakan pada penelitian ini konstruktivisme dengan menggunakan fenomenologi Edmund Husserl. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian menggunakan IPA (Interpretative Phenomenological Analysis). Hasil penelitian ini didapati bahwa para remaja dalam menggunakan TikTok melakukan beberapa aktivitas seperti menonton beragam video, membuat dan memposting video, serta melakukan endorse brand clothing. Saat menggunakan TikTok juga ditemui bahwa remaja menggunakan TikTok dengan durasi yang lama, dengan rata-rata penggunaan 6-8 jam setiap hari. Berdasarkan pada pengalaman komunikasi remaja saat menggunakan TikTok, remaja memaknai pengalamannya tersebut sebagai sumber informasi fashion, sarana hiburan di waktu luang, melakukan bisnis, sarana ekspresi diri, dan meningkatkan eksistensi diri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Elva Ronaning Roem, S.Sos, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Fenomena, TikTok, Komunikasi Verbal, Komunikasi Nonverbal, Remaja |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 22 Dec 2022 08:11 |
Last Modified: | 22 Dec 2022 08:11 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/119746 |
Actions (login required)
View Item |