STRATEGI KAMPANYE PASANGAN CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR MAHYELDI ANSHARULLAH-AUDY JOINALDY PADA PILKADA 2020 DI SUMATERA BARAT

Fitra, Witrianti (2022) STRATEGI KAMPANYE PASANGAN CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR MAHYELDI ANSHARULLAH-AUDY JOINALDY PADA PILKADA 2020 DI SUMATERA BARAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER-dikompresi.pdf - Published Version

Download (46kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I pendahuluan (1).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab VI Penutup)
BAB VI Penutup .pdf - Published Version

Download (28kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (139kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI full Upload-dikompresi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Indonesia melakukan pemilihan kepala daerah serentak pada Tahun 2020. Namun ada yang berbeda pada pemilu serentak tersebut. Pada awal Tahun 2020 Indonesia bahkan dunia dilanda pandemi yang bernama Covid-19. Kondisi ini berdampak pada proses Pilkada serentak di Indonesia. Oleh sebab itu KPU mengeluarkan PKPU No 13 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Peraturan KPU No 6 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/ atau Walikota dan Wakil Walikota serentak lanjutan dalam bencana non alam Covid-19. Hal yang mendasar pada PKPU No 13 Tahun 2020 tersebut adalah tentang penerapan metode kampanye, dari metode konvensional menuju metode daring. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan dan menganalisis strategi kampanye Mahyeldi-Audy pada Pilkada 2020. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus instrumental. Teori yang digunakan adalah teori model kampanye Nowak dan Warneryd. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa bentuk strategi kampanye yang dilakukan oleh pasangan Mahyeldi-Audy. Pertama, terdapat kerja sama yang baik dalam tim pemenangan Mahyeldi-Audy. Kedua, Mahyeldi-Audy memaksimalkan kunjungan ke lapangan selama masa kampanye berlangsung. Ketiga, Memanfaatkan militansi kader partai PKS sebagai komunikator secara Door To Door. Keempat, Mengefektifkan media sosial untuk menggarap relawan dalam merangkul Milenial. Kelima, menjaring Ketua-ketua dari kelompok profesi, tokoh masyarakat serta kelompok sosial lainnya sebagai juru kampanye. Terakhir, Isu kampanye yang dibawakan menyentuh aspek kehidupan masyarakat Sumatera Barat. Kata Kunci: Strategi Kampanye, Pilkada, Covid-19

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr Tengku Rika Valentina, MA
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 23 Dec 2022 04:36
Last Modified: 23 Dec 2022 04:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/119731

Actions (login required)

View Item View Item