Pola Komunikasi Organisasi Pimpinan dan Staf pada Divisi Komersial PT Pelindo II (Persero) Cabang Teluk Bayur Kota Padang

Yuli, Asmi Olanta (2022) Pola Komunikasi Organisasi Pimpinan dan Staf pada Divisi Komersial PT Pelindo II (Persero) Cabang Teluk Bayur Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (220kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (221kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (304kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (318kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI Yuli Asmi Olanta (1610862023) e-skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi dalam organisasi merupakan bagian yang sangat penting dalam penyampaian informasi dari seorang pimpinan kepada staf agar dapat meminimalisir terjadinya misscommunication dan menjaga efektifitas dalam mencapai tujuan organisasi itu sendiri. Peneliti melakukan penelitian ini dengan maksud untuk mengetahui terkait pola komunikasi yang terjadi dalam internal perusahaan PT Pelindo II (Persero) Cabang Teluk Bayur yang difokuskan antara pimpinan dan staf pada Divisi Komersial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif secara deskriptif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana bentuk komunikasi yang dilakukan antara pimpinan kepada staf maupun sebaliknya pada Divisi Komersial sehingga diperoleh pemahaman tentang pola komunikasi organisasi yang efektif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori sistem organisasi yang membahas tentang hubungan yang saling ketergantungan dalam suatu sistem, dimana sistem tersebut merupakan individu dan kepribadiannya, pola interaksi serta lingkungan fisik pekerjaan dalam sebuah organisasi. Paradigma yang digunakan adalah paradigma postpositivisme dan teknik pemilihan informannya berdasarkan teknik purposive. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dengan cara melakukan observasi dan mewawancarai pimpinan dan staf pada Divisi Komersial dan selanjutnya hasil penelitian di6analisis menggunakan teknik interactive model oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi dari pimpinan kepada staf di Divisi Komersial berupa instruksi kerja dan hal-hal yang berkaitan dengan praktik organisasi sedangkan komunikasi dari staf kepada atasan berupa masukan dan kendala-kendala yang dihadapi selama proses bekerja. Melalui interaksi yang terjalin, maka pola komunikasi yang terbentuk di Divisi Komersial yaitu pola komuniksi roda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Vitania Yulia S.Sos, M.A
Uncontrolled Keywords: Divisi Komersial, Komunikasi Organisasi, Pola Komunikasi.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 22 Dec 2022 08:33
Last Modified: 22 Dec 2022 08:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/119640

Actions (login required)

View Item View Item