Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Tingkat Kecemasan Tentang vaksin COVID-19 Pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Begalung Tahun 2022

Sari, Nadhifa Afdhal (2022) Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Tingkat Kecemasan Tentang vaksin COVID-19 Pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Begalung Tahun 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (154kB)
[img] Text (BAB V)
Bab 5.pdf - Published Version

Download (87kB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version

Download (755kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SOFTFILE_SKRIPSI_SARI NADHIFA AFDHAL_1811312007.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Vaksinasi COVID-19 merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi resiko bertambahnya angka kematian atau korban jiwa. Vaksinasi dapat diberikan kepada seluruh kelompok usia, salah satunya kelompok usia rentan yaitu ibu hamil. Kehamilan merupakan kondisi yang dapat mengalami perubahan fisiologis seorang ibu hamil dan dapat menyebabkan kekebalan tubuh ibu menurun sehingga dapat berdampak serius bagi kehamilannya, hal tersebut juga yang menjadi penyebab ibu hamil harus melakukan vaksinasi. Namun, dalam penyelenggaraan vaksinasi COVID�19 terdapat ibu hamil yang mengalami kecemasan dikarenakan kurangnya pengetahuan ibu tentang vaksin COVID-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dengan tingkat kecemasan ibu hamil tentang vaksin COVID-19 di wilayah kerja puskesmas Lubuk Begalung. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan retrospektif dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Responden berjumlah 35 ibu hamil. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner pengetahuan vaksinasi COVID-19 dan kuesioner kecemasan yang merupakan modifikasi dari kuesioner Perinatal Anxiety Screening Scale (PASS). Analisis data menggunakan uji Pearson Chi-Square. Hasil penelitian didapatkan sebanyak 42,9% memiliki pengetahuan tinggi dan sebanyak 42,9% memiliki kecemasan ringan. Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dengan tingkat kecemasan ibu hamil terhadap vaksin COVID-19 yaitu (p=0,006). Kesimpulan semakin tinggi tingkat pengetahuan ibu hamil maka akan semakin rendah tingkat kecemasan ibu hamil tentang vaksin COVID-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Esi Afriyanti, S.Kp. M.Kes
Uncontrolled Keywords: Ibu Hamil, Vaksin COVID-19, Pengetahuan, Kecemasan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 Dec 2022 07:17
Last Modified: 21 Dec 2022 07:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/119537

Actions (login required)

View Item View Item