Pengaruh Level Penggunaan EM-4 pada Fermentasi Campuran Limbah Sawi Putih (Brassica pekinensia L) dan Dedak Padi terhadap Kandungan Bahan Kering, Protein Kasar dan Retensi Nitrogen

Sri, Wahyuni (2022) Pengaruh Level Penggunaan EM-4 pada Fermentasi Campuran Limbah Sawi Putih (Brassica pekinensia L) dan Dedak Padi terhadap Kandungan Bahan Kering, Protein Kasar dan Retensi Nitrogen. Diploma thesis, Peternakan.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (219kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text (Bab Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (202kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (330kB)
[img] Text
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (952kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan dosis terbaik penggunaan inokulum EM-4 pada fermentasi campuran limbah sawi putih (Brassica pekinensia L.) dan dedak padi terhadap kandungan bahan kering, protein kasar, dan retensi nitrogen. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan terdiri E0: 0 ml EM-4 (kontrol) ; E1: 5 ml/kg substrat ; E2: 10 ml/kg substrat; E3: 15 ml/kg substrat. Peubah yang diamati kandungan bahan kering, kandungan protein kasar, dan retensi nitrogen. Data diolah menggunakan Analisis of Variance (ANOVA) dan perbedaan antar perlakuan diuji dengan Duncan Multiple Range Test (DMRT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan dosis EM-4 pada fermentasi campuran limbah sawi putih dan dedak padi memberikan pengaruh berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap kandungan bahan kering, protein kasar, dan retensi nitrogen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa fermentasi campuran limbah sawi putih dan dedak padi dengan dosis penggunaan EM-4 sebesar 15 ml/kg substrat adalah dosis terbaik dengan kandungan bahan kering sebesar 32,50%, kandungan protein kasar sebesar 25,21%, dan retensi nitrogen sebesar 66,02%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 21 Dec 2022 07:27
Last Modified: 21 Dec 2022 07:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/119359

Actions (login required)

View Item View Item