Efektivitas Penggunaan Dana Desa di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Desa Hiligeho Kecamatan Tanah Masa Kabupaten Nias Selatan)

Theofilus, Dachi (2022) Efektivitas Penggunaan Dana Desa di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Desa Hiligeho Kecamatan Tanah Masa Kabupaten Nias Selatan). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER + ABSTRAK ~.pdf - Published Version

Download (150kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I - PENDAHULUAN ~.pdf - Published Version

Download (467kB)
[img] Text (Bab VI Penutup)
BAB VI - PENUTUP ~.pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA ~.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
FULL SKRIPSI ~.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Efektivitas Penggunaan Dana Desa Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Desa Hiligeho Kecamatan Tanah Masa Kabupaten Nias Selatan). Penelitian ini dilatarbelakangi keinginan peneliti untuk melihat sejauh mana tingkat efektivitas Dana Desa yang digunakan oleh Pemerintah Desa Hiligeho selama awal masa pandemi Covid-19. Sebab selama masa pandemi Covid-19, Pemerintah Desa Hiligeho mengalami penurunan penerimaan Dana Desa dalam kurun dua tahun terakhir yakni tahun anggaran 2020 dan 2021. Selain itu, terjadi realokasi Dana Desa besar-besaran yang dimana sebelumnya Dana Desa digunakan untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat bergeser menjadi fokus pada penyelesaian dampak Covid-19. Penelitian ini menggunakan teori efektivitas dari Makmur yang terdiri dari ketepatan penentuan waktu, ketepatan perhitungan biaya, ketepatan dalam pengukuran, ketepatan dalam menentukan pilihan, ketepatan berpikir, ketepatan dalam melakukan perintah, ketepatan dalam menentukan tujuan dan ketepatan sasaran. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara dan dokumentasi. Teknik analis datanya berupa reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data. Berdasarkan hasil penelitian tentang Efektivitas Penggunaan Dana Desa di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Desa Hiligeho Kecamatan Tanah Masa Kabupaten Nias Selatan) belum sepenuhnya efektif. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa permasalahan yang tejadi selama pelaksanaan Dana Desa oleh Pemerintah Desa Hiligeho. Dalam dua tahun anggaran yaitu tahun 2020-2021, pelaksanaan prioritas Dana Desa mengalami keterlambatan. Program pemberdayaan masyarakat berupa pembinaan dan pengadaan pupuk sayur kepada petani mengalami kendala seperti sebagian petani terlambat menerima bantuan pupuk, terdapat penerima pupuk yang ternyata bukan bekerja sebagai petani dan adanya ketidaksetujuan sebagian masyarakat terhadap program ini. Meskipun begitu, prioritas Dana Desa dan program lainnya telah terlaksana dengan optimal tanpa adanya kekurangan apapun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Yoserizal, M.Si
Uncontrolled Keywords: Dana Desa, Covid-19, Pemerintah Desa Hiligeho, Efektivitas
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 23 Dec 2022 08:01
Last Modified: 23 Dec 2022 08:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/119280

Actions (login required)

View Item View Item