PROSESI MALACUIK MARAPULAI DALAM TRADISI PERKAWINAN DI DUSUN PASAR HILALANG DESA TALUK KOTA PARIAMAN

Rahmad, Andri Yadi (2022) PROSESI MALACUIK MARAPULAI DALAM TRADISI PERKAWINAN DI DUSUN PASAR HILALANG DESA TALUK KOTA PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (245kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (377kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (322kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA watermark.pdf - Published Version

Download (336kB)
[img] Text (Skripsi full text)
RahmadAndriYadi_1710741008_PROSESI MALACUIK MARAPULAI DALAM TRADISI PERKAWINAN DI DUSUN PASAR HILALANG DESA TALUK KOTA PARIAMAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Prosesi Malacuik Marapulai dalam Tradisi Perkawinan di Dusun Pasar Hilalang Desa Taluk Kota Pariaman Oleh: Rahmad Andri Yadi Dibawah Bimbingan Yerri Satria Putra, S.S.,M.A dan Dr. Hasanuddin, M.Si. ABSTRAK Skripsi ini membahas tentang prosesi malacuik marapulai dalam tradisi perkawinan di Dusun Pasar Hilalang Desa Taluk Kota Pariaman. Prosesi malacuik marapulai adalah ritual atau upacara memukul marapulai dengan menggunakan alat yang terbuat dari pucuk daun kelapa dan dianyam menyerupai cambuk atau disebut palacuik. Ritual tersebut mengandung makna filosofis dan simbolis yang dalam. Akan tetapi, generasi muda sekarang tidak lagi memahami bagaimana bentuk prosesi dan makna yang terkandung di dalam tradisi malacuik marapulai tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi, mendeskripsikan, dan menjelaskan bentuk, serta makna simbolik yang terdapat dalam prosesi malacuik marapulai di Dusun Pasar Hilalang Desa Taluk Kota Pariaman. Peneliti memakai teori Interaksi Simbolik dengan metode etnografi dalam menganalisis data. Data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data tambahan didapatkan melalui buku, hasil penelitian terdahulu, serta sumber-sumber lain yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prosesi malacuik marapulai, meliputi pasambahan, maiyeh, malacuik marapulai, dan memasang inai. Upacara malacuik marapulai memiliki makna simbolik dan spiritual. Secara simbolik malacuik marapulai adalah menghukum kesalahan-kesalahan masa bujang si marapulai, agar suci dalam memasuki kehidupan berumah tangga. Secara spiritual, malacuik marapulai bermakna mengusir aura negatif yang bersemayam di dalam tubuh marapulai agar bersih dan suci secara bathin. Malacuik marapulai mengandung makna dan nilai-nilai lainnya seperti, makna dan nilai budaya, nilai pendidikan moral, dan nilai agama yang dapat dijadikan sebagai pembelajaran dalam menjalani kehidupan bermasyarakat. Kata kunci: tradisi, malacuik, marapulai, proses interaksi simbolik, simbolis benda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Daerah
Depositing User: s1 sastra minang
Date Deposited: 20 Dec 2022 08:11
Last Modified: 20 Dec 2022 08:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/119274

Actions (login required)

View Item View Item