Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kepala Sekolah Berprestasi Menggunakan Metode Weighted Product di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan

Ronny, Kurniawan (2022) Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kepala Sekolah Berprestasi Menggunakan Metode Weighted Product di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (79kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (BAB 6 Penutup)
BAB VI Penutup.pdf - Published Version

Download (60kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
TA_Ronny Kurniawan_1711521013_Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pemilihan Kepala Sekolah Berprestasi di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir Selatan merupakan salah satu bentuk penghargaan dari pemerintah untuk kepala sekolah yang memiliki prestasi tinggi dalam bentuk keteladanan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dan di daerahnya. Kepala sekolah berprestasi memiliki fungsi yang strategis dalam meningkatkan kualitas lembaga yang dipimpinnya, maka kepala sekolah berprestasi layak diberikan penghargaan. Dalam pemilihan kepala sekolah berprestasi terdapat kriteria penilaian yang ditetapkan, yaitu Portofolio Karya Prestatif, Wawancara, Karya Best Practice, dan Kusioner Keteladanan. Penilaian ini bertujuan untuk menentukan peringkat atau ranking. Panitia melakukan proses penilaian secara manual untuk menentukan peringkat dan menyimpan data pada Microsoft Office Excel yang kurang efektif dan efisien. Selain itu, rentannya resiko terjadinya human error dalam proses penilaian secara manual. Sehingga meningkatkan resiko terjadinya pelanggaran pada prinsip penyelenggaraan. Prinsip penyelenggaraan seharusnya dilakukan secara objektif, adil, transparan, akuntabel dan demokratif. Untuk membantu mempercepat, mempermudah dan mengurangi subjektifitas serta melaksanakan prinsip penyelenggaraan didalam proses pengambilan keputusan pemilihan kepala sekolah berprestasi diperlukan suatu bentuk Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang dibangun dalam bentuk aplikasi web. Metode yang digunakan untuk membangun Sistem Pendukung Keputusan ini adalah menggunakan metode Weighted Product (WP). Hasil dari penelitian ini berbentuk sebuah aplikasi web sistem pendukung keputusan yang dapat menampilkan hasil perankingan kepala sekolah berprestasi di Kabupaten Pesisir Selatan. Pengujian aplikasi dengan melakukan perbandingan hasil perhitungan manual WP dan hasil perhitungan manual sistem berjalan dengan hasil perhitungan aplikasi memperoleh persentase keakuratan sebesar 100%. Aplikasi SPK ini dapat memberikan kemudahan kepada pengambil keputusan dalam melakukan penilaian dan pemilihan kepala sekolah berprestasi dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Fajril Akbar, M.Sc
Uncontrolled Keywords: SPK, Kepala Sekolah Berprestasi, Weighted Product
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 21 Dec 2022 03:52
Last Modified: 21 Dec 2022 03:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/119132

Actions (login required)

View Item View Item