Hubungan Kualitas Tidur dengan Konsentrasi Belajar pada Mahasiswa Tahun Pertama Program Sarjana Fakultas Keperawatan Universitas Andalas Tahun 2022

Tifa, Ramadhani (2022) Hubungan Kualitas Tidur dengan Konsentrasi Belajar pada Mahasiswa Tahun Pertama Program Sarjana Fakultas Keperawatan Universitas Andalas Tahun 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (497kB)
[img] Text (Bab 1 (Pendahuluan))
2. BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (320kB)
[img] Text (Bab Akhir (Penutup & Kesimpulan))
3. BAB Akhir (Penutup & Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (434kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. Tugas Akhir Ilmiah Utuh_Tifa Ramadhani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa tahun pertama merupakan mahasiswa yang memerlukan adaptasi terhadap perubahan-perubahan yang terjadi sejak menjadi mahasiswa, perubahan ini dapat membuat siklus tidur mahasiswa berubah. Kualitas tidur yang buruk berdampak terhadap konsentrasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan hubungan antara kualitas tidur dengan konsentrasi belajar pada mahasiswa tahun pertama Program Sarjana Fakultas Keperawatan Universitas Tahun 2022. Jenis penelitian adalah korelasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian berjumlah 124 responden yang dipilih menggunakan propotional stratified random sampling sesuai dengan kriteria inklusi. Instrumen yang digunakan Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) dan Student Learning Concentration Questionnaire Indonesia Version (SLCQ-I). Analisa data menggunakan uji korelasi Spearman. Hasil penelitian didapatkan nilai tengah pada kualitas tidur sebesar 8,00 dalam kategori buruk dan nilai tengah pada konsentrasi belajar 100,00 dalam kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara kualitas tidur dengan konsentrasi belajar, dengan keeratan korelasi kuat dan arah korelasinya negatif, semakin rendah nilai skor kualitas tidur maka semakin tinggi nilai skor konsentrasi belajar (p=0,000, r=-0,786). Disarankan mahasiswa tahun pertama program sarjana harus memperhatikan kualitas tidur dan pola tidur dengan cara memulai tidur lebih cepat, tidak begadang dan bangun pada dini hari untuk memulai kegiatan sehari-hari. Hal ini akan membantu mahasiswa dalam meningkatkan konsentrasi saat proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nelwati, S.Kp, MN,PhD
Uncontrolled Keywords: Konsentrasi Belajar, Kualitas Tidur, Mahasiswa Tahun Pertama
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 Dec 2022 07:35
Last Modified: 21 Dec 2022 07:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/119088

Actions (login required)

View Item View Item