STUDI KASUS : KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA KADER KESEHATAN SETELAH DIBERIKAN SIMULASI BENCANA GEMPA BUMI DI RW 13 KELURAHAN PASIE NAN TIGO

Uthari, Chintya Dewi (2022) STUDI KASUS : KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA KADER KESEHATAN SETELAH DIBERIKAN SIMULASI BENCANA GEMPA BUMI DI RW 13 KELURAHAN PASIE NAN TIGO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (338kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (117kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (119kB)
[img] Text (fulltext)
KIA FULL TEKS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Gempa bumi merupakan bencana yang datang tiba-tiba sehingga diperlukan kesiapsiagaan pada masyarakat. Di masyarakat terdapat kelompok kader kesehatan yang bisa menjadi contoh untuk masyarakat, berperan sebagai penggerak dalam meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat, memberikan respon yang cepat dan tepat pada saat terjadi bencana, berkoordinasi dalam upaya pemulihan pada saat pasca bencana. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi kesiapsiagaan bencana pada kader kesehatan setelah diberikan simulasi bencana gempa bumi di RW 13 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan jumlah sampel sebanyak tiga orang pada rentang usia 22-65 tahun, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dimana sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi. Hasil penelitian didapatkan tiga tema yaitu peningkatan pengetahuan setelah mengikuti kegiatan simulasi gempa bumi. Kedua, rencana tanggap darurat. Ketiga, peran kader di masyarakat dalam menghadapi bencana sudah mengetahui dan dapat menjalankan tugas dengan semestinya, mampu memberikan contoh yang baik, mampu menjadi pengingat di masyarakat lingkungannya mengenai kesiapsiagaan. Sehingga diharapkan kader agar dapat mengulang kembali latihan dan ilmu yang telah didapatkan dan mencari ilmu baru untuk meningkatkan pengetahuan kader terkait kesiapsiagaan bencana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nelwati, S. Kp. MN, Ph.D
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 14 Dec 2022 04:27
Last Modified: 14 Dec 2022 04:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/118460

Actions (login required)

View Item View Item