Pengetahuan Dan Sikap Mahasiswa Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Andalas Terhadap Keperawatan Bencana : Self Evaluation

Popy, Wahyu Pratama (2022) Pengetahuan Dan Sikap Mahasiswa Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Andalas Terhadap Keperawatan Bencana : Self Evaluation. Other thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (227kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (66kB)
[img] Text (BAB VI Penutup)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (47kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (188kB)
[img] Text (KIA Full Text)
KIA FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kompetensi seorang perawat tidak hanya sebatas bekerja sebagai tenaga medis dipelayanan kesehatan, namun sangat berperan dalam penanggulangan bencana di berbagai fase. Mahasiswa keperawatan yang akan menjadi perawat profesional sangat penting untuk dilatih mengenai keperawatan bencana. Mahasiswa Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Andalas telah selesai melaksanakan praktek keperawatan bencana di masyarakat, namun pengukuran terhadap pengetahuan dan sikap mahasiswa terhadap keperawatan bencana belum ada diteliti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengetahuan dan sikap mahasiswa Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Andalas terhadap keperawatan bencana sebagai self evaluation. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling yaitu 68 mahasiswa sesuai dengan kriteria inklusi. Pengumpulan data dilakukan melalui google form dari tanggal 10 Juli – 14 Juli 2022. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner pengetahuan dan sikap yang dikembangkan oleh peneliti dan telah dilakukan uji validitas dan reabilitas dengan Cronbach Alpha 0.953 dan 0.907. Data di analisa menggunakan distribusi frekuensi dan uji chi-square. Hasil penelitian didapatkan sebagian besar mahasiswa mempunyai pengetahuan baik (88,2%) dan sebagian besar mahasiswa berada pada kategori sikap positif (73,5%). Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara pengetahuan dan sikap pada mahasiswa dengan nilai p value = 0,003. Institusi pendidikan diharapkan dapat melibatkan mahasiswa dalam kegiatan kebencanaan, sehingga kompetensi mahasiswa dalam Mata Kuliah Keperawatan Bencana terus meningkat dan dapat menghasilkan mahasiswa yang terampil dalam keperawatan bencana.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Hema Malini, S.Kp., MN., PhD
Uncontrolled Keywords: Keperawatan Bencana, Mahasiswa, Pengetahuan, Sikap
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 13 Dec 2022 08:32
Last Modified: 13 Dec 2022 08:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/118315

Actions (login required)

View Item View Item