EFEKTIFITAS DEMONSTRASI BLS (BASIC LIFE SUPPORT) PADA PENINGKATAN KETERAMPILAN MAHASISWA PROFESI KEPERAWATAN UNAND DI RW 13 PASIA NAN TIGO

IRA, FEBRIANI (2022) EFEKTIFITAS DEMONSTRASI BLS (BASIC LIFE SUPPORT) PADA PENINGKATAN KETERAMPILAN MAHASISWA PROFESI KEPERAWATAN UNAND DI RW 13 PASIA NAN TIGO. Other thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (276kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (164kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text (KIA)
Karya Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Henti jantung merupakan keadaan hilangnya fungsi jantung secara tiba-tiba yang sebagian besar terjadi karena kerusakan pada sistem kelistrikan jantung. Demontrasi cukup efektif dilakukan untuk menambah pengetahuan. Demontrasi mudah dilakukan dalam memberikan contoh kepada mahasiswa profesi keperawatan. Selain mudah dalam memberikan contoh, demontrasi juga mudah untuk evaluasi dan di redemonstrasi. Demontrasi dilakukan dengan memperagakan BLS terlebih dahulu, baru melakukan redemontrasi oleh mahasiswa profesi keperawatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas yang dimiliki oleh mahasiswa profesi keperawatan dalam melakukan BLS. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan quasy experiment dengan 12 responden yang dilakukan penilaian pre dan juga post dengan menggunakan lembar observasi dari demontrasi BLS. Pengolahan data menggunakan Wilcoxon karena data tidak berdistribusi dengan normal. Hasil penilaian sebelum demonstrasi lebih dari separoh 10 responden (83,3%) yang kurang terampil dalam melakukan BLS , sedangkan kurang dari separoh 2 (16,7%) yang terampil dalam melakukan BLS. Setelah demonstrasi, keseluruhan mahasiswa memiliki keteramilan yang terampil, sehingga dengan demikian didapatkan demonstrasi BLS efektif dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa profesi keperawatan, dimana terlihat dari nilai (p value 0,008) Diharapkan dari penelitian ini, mahasiswa profesi keperawatan memiliki jadwal berkala oleh fakultas ilmu keperawatan dalam pengadaan pelatihan BLS.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Muhammad Jamil, S.Kp.,M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Demontrasi, Keterampilan, BLS, Efektifitas, Mahasiswa Profesi Keperawatan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 13 Dec 2022 09:17
Last Modified: 13 Dec 2022 09:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/118299

Actions (login required)

View Item View Item