STUDI KUALITATIF: GAMBARAN KESIAPSIAGAAN PENDERITA DIABETES MELITUS DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI RW 01 KELURAHAN PASIE NAN TIGO

Nova, Asriyanti (2022) STUDI KUALITATIF: GAMBARAN KESIAPSIAGAAN PENDERITA DIABETES MELITUS DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI RW 01 KELURAHAN PASIE NAN TIGO. Other thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover and Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text (BAB I)
PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text (BAB V)
PENUTUP.pdf - Published Version

Download (52kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (154kB)
[img] Text (KIA UTUH)
KIA UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Diabetes Melitus merupakan salah satu penyakit kronis yang rentan terhadap bencana. Hal ini disebabkan karna terbatasnya akses obat-obatan dan persediaan penting seperti, insulin, strip tes glukosa darah, kebutuhan nutrisi yang kurang memadai dan terputusnya perawatan kesehatan rutin dan dapat menimbulkan gejala perburukan selama dan setelah bencana. Sehingga kesiapsiagan bencana penting bagi penderita diabetes melitus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi kesiapsiagaan penderita Diabetes Melitus dalam menghadapi bencana gempa bumi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Partisipan yang berpartisipasi dalam penelitian ini berjumlah 4 orang dengan menggunakan instrumen wawancara mendalam. Hasil wawancara ditranskip secara verbatim dan diolah menggunakan analisa tematik, ada dua tema utama yaitu; 1) Pengetahuan penderita DM tentang penyakitnya 2) Kesiapsiagaan Penderita Diabetes Melitus dalam menghadapi bencana gempa bumi. Diharapkan kepada pihak pelayanan kesehatan memberikan pelatihan terkait penatalaksanaan penyakit Diabetes Melitus sebelum, saat dan sesudah terjadinya gempa bumi, dan diharapkan pemerintah setempat menyediakan jalur evakuasi dan sistem peringatan dini agar dapat meningkatkan upaya kesiapsiagaannya terhadap bencana.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Esi Afriyanti, S.Kp., M.Kes
Uncontrolled Keywords: diabetes melitus, kesiapsiagaan, gempa bumi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 15 Dec 2022 03:34
Last Modified: 15 Dec 2022 03:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/118298

Actions (login required)

View Item View Item