Studi Potensi Terjadinya Kecelakaan di Perlintasan Kereta Api dengan Metode Fault Tree Analysis

Salsabila, Hanifah (2022) Studi Potensi Terjadinya Kecelakaan di Perlintasan Kereta Api dengan Metode Fault Tree Analysis. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (632kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
2. BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (976kB)
[img] Text (BAB Akhir (Penutup))
3. BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (763kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (649kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
5. Tugas Akhir Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Perlintasan adalah persilangan antara jalur kereta api dengan jalan, baik jalan raya ataupun jalan kecil lainnya. Perlintasan kereta api memiliki resiko kecelakaan kereta api yang lebih tinggi. Penelitian ini berfokus pada faktor-faktor yang berpotensi terjadinya kecelakaan di perlintasan kereta api (railway crossing). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perilaku pengendara yang berpotensi menimbulkan kecelakaan, peluang terjadinya kecelakaan di perlintasan, dan mencari akar permasalahan yang berpotensi menimbulkan kecelakaan di perlintasan dengan metode fault tree analysis. Metode fault tree analysis merupakan suatu metode untuk mengetahui dimana suatu sistem dapat gagal, ataupun dalam konteks resiko dimana resiko itu bisa terjadi dan apa saja penyebabnya. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara survey lapangan dengan mengambil data berupa faktor-faktor potensi kecelakaan. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode fault tree analysis. Hasil dari penelitian ini yaitu probabilitas dari potensi terjadinya kecelakaan di perlintasan kereta api seperti faktor kendaraan, faktor pengendara, faktor perlintasan dan faktor lingkungan, dan diagram menggunakan fault tree analysis yang berisikan faktor-faktor kecelakaan, dimana pada perlintasan potensi tertinggi kecelakaan didominasi oleh perilaku pengendara karena banyak pengendara yang tidak mematuhi SOP saat melewati perlintasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: PURNAWAN, Ph.D
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 21 Dec 2022 03:45
Last Modified: 21 Dec 2022 03:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/118238

Actions (login required)

View Item View Item