GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP KADER SIAGA BENCANA (KSB) TENTANG BANTUAN HIDUP DASAR (BHD) DALAM KESIAPSIAGAAN MENGHADAPI BENCANA DI KELURAHAN PASIE NAN TIGO

Dina, Mahira (2022) GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP KADER SIAGA BENCANA (KSB) TENTANG BANTUAN HIDUP DASAR (BHD) DALAM KESIAPSIAGAAN MENGHADAPI BENCANA DI KELURAHAN PASIE NAN TIGO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover+Abstrak_Dina Mahira.pdf - Published Version

Download (925kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan_Dina Mahira.pdf - Published Version

Download (360kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
Bab V Kesimpulan Saran_Dina Mahira.pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_Dina Mahira.pdf - Published Version

Download (402kB)
[img] Text (KIA Full Text)
KIA Full_Dina Mahira.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pengetahuan dan sikap menjadi faktor utama dan menjadi kunci dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana. Kader Siaga Bencana (KSB) sebagai masyarakat awam yang diberdayakan oleh pemerintah saat terjadi bencana dalam membantu proses penyelamatan korban, perlu mengetahui cara memberikan bantuan hidup dasar pada orang yang membutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran pengetahuan dan sikap kader siaga bencana tentang BHD dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana di Kelurahan Pasie Nan Tigo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 92 orang dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Instrumen penelitian yaitu kuesioner tingkat pengetahuan dan sikap yang diadopsi dari penelitian lain. Hasil penelitian lebih dari separuh kader siaga bencana memiliki pengetahuan rendah (53.3%) dan lebih dari separuh kader siaga bencana memiliki sikap negatif (54.3%) terhadap bantuan hidup dasar (BHD). Untuk itu kedepannya diharapkan kader memahami perannya secara keseluruhan sebagai kader siaga bencana sehingga mampu mengoptimalkan ilmu yang sudah diberikan dengan disertai tanggung jawab untuk melakukan bantuan hidup dasar dan mau, bersedia untuk memperbarui ilmu yang sudah dimiliki sehingga menghasilkan kader yang berdaya guna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Susmiati, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: BHD, kader siaga bencana, pengetahuan, sikap
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 13 Dec 2022 08:23
Last Modified: 13 Dec 2022 08:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/118208

Actions (login required)

View Item View Item