STUDI KASUS: KESIAPSIAGAAN KELUARGA DENGAN LANSIA YANG MENJALANI HEMODIALISA DALAM MENGHADAPI BENCANA DI KELURAHAN PASIE NAN TIGO

DEVIA OLA, YULIA (2022) STUDI KASUS: KESIAPSIAGAAN KELUARGA DENGAN LANSIA YANG MENJALANI HEMODIALISA DALAM MENGHADAPI BENCANA DI KELURAHAN PASIE NAN TIGO. Other thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (67kB)
[img] Text (BAB I)
PENDAHULUAN .pdf - Published Version

Download (119kB)
[img] Text (BAB V)
PENUTUP.pdf - Published Version

Download (53kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (221kB)
[img] Text (Karya Ilmiah Utuh)
Karya Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kerentanan pada penderita gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa terutama lansia dalam menghadapi bencana disebabkan oleh gangguan pada kondisi kesehatan dan terputusnya perawatan kesehatan rutin dengan fasilitas pelayanan kesehatan akibat terjadinya bencana. Pengurangan resiko dampak bencana terhadap lansia dengan gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa dilakukan dengan meningkatkan kesiapsiagaan individu dan keluarga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kesiapsiagaan keluarga dengan lansia yang mempunyai kebutuhan hemodialisa dalam menghadapi bencana. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Partisipan yang berpartisipasi dalam penelitian ini berjumlah 4 partisipan dengan menggunakan wawancara mendalam. Hasil wawancara ditranskip secara verbatim dan diolah menggunakan analisa tematik dan didapatkan 2 tema utama yaitu, 1) keterbatasan pengetahuan keluarga terkait kesiapsiagaan bencana dan gempa bumi, 2) kesiapan keluarga pada lansia dengan hemodialisa dalam menghadapi bencana. Diharapkan kepada pihak pelayanan kesehatan memberikan edukasi terkait penatalaksanaan penyakit kronis salah satunya gagal ginjal dengan hemodialisa saat terjadi bencana atau setelah terjadi bencana agar dapat meningkatkan upaya kesiapsiagaannya terhadap bencana.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Esi Afriyanti, S.Kp., M.Kes
Uncontrolled Keywords: gagal ginjal kronis, lansia, kesiapsiagaan, keluarga, bencana
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 15 Dec 2022 03:35
Last Modified: 15 Dec 2022 03:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/118173

Actions (login required)

View Item View Item