STUDI KASUS: KESIAPSIAGAAN KELUARGA DENGAN LANSIA DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI RW 02 PASIE NAN TIGO TAHUN 2022

Putri, Dwi Rusmayanti (2022) STUDI KASUS: KESIAPSIAGAAN KELUARGA DENGAN LANSIA DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI RW 02 PASIE NAN TIGO TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Text
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (262kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (348kB)
[img] Text
Bab akhir (penutup).pdf - Published Version

Download (121kB)
[img] Text (Fulltext)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh_compressed (1).pdf - Published Version

Download (939kB)

Abstract

Gempa bumi terjadi dengan cara yang tak terduga sehingga dapat merusak lalu menghancurkan bangunan dalam waktu yang sangat cepat. Lansia merupakan kelompok berisiko terkena dampak gempa bumi. Pengurangan risiko dapat dilakukan dengan meningkatkan kesiapsiagaan dan keluarga merupakan ujung tombak, subyek dan obyek kesiapsiagaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi kesiapsiagaan keluarga dengan lansia dalam menghadapi bencana gempa bumi di RW 02 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan case study research. Pengambilan sampel dengan purposive sampling dan teknik pengumpulan data mengunakan in-depth interview. Jumlah informan dalam penelitian ini berjumlah lima partisipan yaitu keluarga dengan lansia. Hasil wawancara ditranskip secara verbatim dan diolah sehingga menghasilkan tiga tema utama yaitu : (1) Hazard/risiko bencana pada keluarga (2) Persiapan tas siaga bencana keluarga dengan lansia, (3) Persiapan upaya penyelamatan lansia oleh keluarga, dengan lima sub tema, Diharapkan keluarga lebih meningkatkan pengetahuan tentang upaya penyelamatan lansia saat terjadi bencana serta kebutuhan untuk lansia jika terjadi bencana. Kata kunci : Kesiapsiagaan, Keluarga, Lansia Daftar Pustaka: 48 (2006-2022)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Fitra Yeni, S.Kp., MA
Uncontrolled Keywords: Kesiapsiagaan, Keluarga, Lansia
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 12 Dec 2022 07:12
Last Modified: 12 Dec 2022 07:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/118118

Actions (login required)

View Item View Item