Stu Fenomenologi : Pengalaman Self Efficacy Lansia Mengontrol Tekanan Darah untuk Mencegah Kekambuhan Hipertensi Di RW 13 Kelurahan Pasie Nan Tigo

Sri, Dinda Andrifa (2022) Stu Fenomenologi : Pengalaman Self Efficacy Lansia Mengontrol Tekanan Darah untuk Mencegah Kekambuhan Hipertensi Di RW 13 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (161kB)
[img] Text (Bab 1 pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (384kB)
[img] Text (Bab akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (61kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (344kB)
[img] Text (Full Text)
KIA Utuh (WATERMARK).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tingginya angka kejadian hipertensi pada usia lansia disebabkan berbagai kendala dalam mengikuti program pengobatan dan diet hipertensi yang dianjurkan petugas kesehatan. Self efficacy merupakan faktor yang dapat meningkatkan motivasi dalam melakukan pengobatan terhadap suatu penyakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman self efficacy lansia dengan hipertensi di RW 13 Kelurahan Pasie Nan tigo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan metode wawancara mendalam. Pemilihan partisipan yang digunakan yaitu metode purposive sampling. Jumlah partisipan dalam penelitian ini sebanyak 4 partisipan lansia di RW 13 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Hasil penelitian didapatkan 4 (Empat) tema yaitu pengetahuan lansia terhadap penyakit hipertensi, pengalaman penyakit hipertensi, keyakinan lansia terhadap penyakit hipertensi dan dukungan keluarga. Diharapkan dengan adanya penelitian ini, pihak puskesmas lubuk buaya dapat memberikan edukasi secara berkala serta motivasi kepada lansia dengan hipertensi agar berpartisipasi aktif mengikuti program pengobatan hipertensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Gusti Sumarsih Agoes, S.Kp, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Self Efficacy, Hipertensi, Lansia
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 12 Dec 2022 08:50
Last Modified: 12 Dec 2022 08:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/118107

Actions (login required)

View Item View Item