Studi Kasus:Gambaran Pengetahuan Remaja Setelah Diberikan Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) Di RW 05 Kelurahan Pasie Nan Tigo

Agnesia, Chelsea Adriani (2022) Studi Kasus:Gambaran Pengetahuan Remaja Setelah Diberikan Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) Di RW 05 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Other thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (336kB)
[img] Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (338kB)
[img] Text (BAB Akhir (Penutup))
BAB Akhir (Penutup).docx.pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (438kB)
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) merupakan upaya pertolongan dan perawatan sementara terhadap korban kecelakaan maupun bencana. Pelatihan pertolongan pertama pada remaja baik di sekolah maupun di lingkungannya dapat meningkatkan pengetahuan individual, keterampilan dan kesediaan untuk melakukan pertolongan pertama dalam situasi darurat. Pada saat praktek mahasiswa profesi telah mengadakan kegiatan pemberian informasi dan pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) kepada remaja di RW 05 Kelurahan Pasie Nan Tigo yang telah diselenggarakan pada tanggal 31 Mei 2022 di Mesjid Iqra’ RW 05 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Kegiatan ini di hadiri oleh masyarakat khususnya usia remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pengetahuan remaja setelah diberikan pelatihan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) di RW 05 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus menggukan teknik purposive sampling. Jumlah informan dalam penelitian ini berjumlah empat partisipan. Hasil wawancara di transkip secara verbatim dan diolah sehingga menghasilkan dua tema yaitu (1) pengetahuan konsep pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K), (2) pengetahuan tindakkan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K). Diharapkan melalui pelatihan P3K remaja memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memberikan pertolongan pertama, maka kegiatan ini perlu dilakukan secara berkesinambungan dan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Dr.Ns.Meri Neherta, S.Kep.,M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Pelatihan P3K, Pengetahuan, Remaja
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 12 Dec 2022 07:28
Last Modified: 12 Dec 2022 07:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/118077

Actions (login required)

View Item View Item