Nurhasanah, Nia (2022) Pengaruh Literasi Media Terhadap Kecenderungan Perilaku Cyberbullying Remaja Pengguna Media Sosial. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (cover)
COVER.pdf - Published Version Download (294kB) |
|
Text (bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version Download (200kB) |
|
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Download (163kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (404kB) |
|
Text (Full text)
full text__..pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (438kB) |
Abstract
Cyberbullying ialah bentuk perilaku agresif atau berbahaya yang ditujukan kepada seseorang atau kelompok menggunakan bentuk teknologi komunikasi elektronik seperti internet atau ponsel. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap perilaku cyberbullying ialah literasi media. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah ada atau tidak pengaruh literasi media terhadap kecenderungan perilaku cyberbullying pada remaja yang menggunakan media sosial. Metode yang digunakan pada penelitian adalah metode kuantitatif berupa analisis regresi linear sederhana dan sampel yang digunakan sebanyak 194 orang remaja berusia 15 hingga 18 tahun. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur new media literacy (NML) dan cyberbullying perpetration (CBP). Masing-masing skala memiliki reliabilitas sebesar 0,760 pada skala cyberbullying dan reliabilitas sebesar 0,95 pada skala literasi media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara literasi media terhadap perilaku cyberbullying dengan nilai taraf signifikansi (p) > 0,05 yaitu sebesar 0,127. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa, tinggi rendahnya literasi media tidak mempengaruhi tinggi atau rendahnya perilaku cyberbullying.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Psikologi |
Depositing User: | s1 psikologi psikologi |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 03:58 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 03:58 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117985 |
Actions (login required)
View Item |