Studi Kasus: Kesiapsiagaan Keluarga untuk Rencana Keadaan Darurat pada Lansia dengan Kebutuhan Khusus dalam Menghadapi Bencana Alam di RW 01 Kelurahan Pasie Nan Tigo

Yola, Fitria (2022) Studi Kasus: Kesiapsiagaan Keluarga untuk Rencana Keadaan Darurat pada Lansia dengan Kebutuhan Khusus dalam Menghadapi Bencana Alam di RW 01 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak,.pdf - Published Version

Download (313kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (308kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (246kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (293kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Risiko yang paling tinggi terjadi di dalam masyarakat yang perlu dikelola dalam menghadapi bencana adalah kelompok rentan, salah satunya adalah lansia dengan kebutuhan khusus. Perlindungan yang dapat diberikan pada kelompok rentan dengan memberikan prioritas dalam menghadapi keadaan darurat berupa proses penyelamatan dan evakuasi. Maka dari itu, penting kesiapsiagaan keluarga dengan lansia berkebutuhan khusus dalam menghadapi bencana. Kesiapsiagan keluarga yang baik dapat mengurangi risiko bencana sehingga keluarga harus memiliki persiapan yang cukup dalam menghadapi bencana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana kesiapsiagaan keluarga dengan kelompok rentan lansia dengan kebutuhan khusus dalam menghadapi bencana alam di RW 01 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Metode penelitian ini merupakan penelitan kualitatif dengan pendekatan studi kasus deskriptif dengan jumlah partisipan 4 (empat). Berdasarkan hasil analisa data, didapatkan 3 tema yang menjelaskan perencanaan keluarga dengan lansia dengan kebutuhan khusus terkait tanggap darurat dalam menghadapi bencana alam di RW 01 Kelurahan Pasie Nan Tigo : (1) Persiapan keluarga dengan lansia berkebutuhan khusus untuk evakuasi keadaan darurat bencana (2) Kesiapan keluarga untuk lansia dengan kebutuhan khusus dalam menghadapi bencana (3) Komunikasi keluarga untuk rencana pertolongan atau penyelamatan ketika bencana pada lansia dengan kebutuhan khusus. Diharapkan pada keluarga dengan lansia berkebutuhan khusus lebih meningkatkan motivasi untuk memperoleh informasi dan meningkatkan pengetahuan serta sikap dalam menghadapi bencana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Esi Afriyanti, S.Kp., M.Kes
Uncontrolled Keywords: Kesiapsiagaan, Keluarga, Lansia dengan kebutuhan khusus
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 09 Dec 2022 04:15
Last Modified: 09 Dec 2022 04:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117884

Actions (login required)

View Item View Item