HUBUNGAN PENGGUNAAN AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @LAMPUUNG TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS MENGENAI OBJEK WISATA LAMPUNG

Nur, Rachi Saniyyah (2022) HUBUNGAN PENGGUNAAN AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @LAMPUUNG TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS MENGENAI OBJEK WISATA LAMPUNG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (513kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (501kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (251kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (481kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Era new media membawa perubahan pada penggunaan media dengan munculnya akun-akun penyedia informasi lokal berbasis media sosial. Perubahan lainnya juga terjadi pada perilaku khalayak yang dinilai aktif dan memiliki inisiatif dalam menggunakan media untuk memenuhi kebutuhannya. Salah satunya kebutuhan akan informasi seputar wisata daerah. Melalui akun Instagram @lampuung yang menjadi objek penelitian ini dengan dilandasi teori uses and gratification, peneliti ingin mengkaji bagaimana tingkat intensitas penggunaan akun Instagram @lampuung, tingkat pemenuhan kebutuhan informasi khalayak yang dikaji dari empat kebutuhan menurut McQuail, serta hubungan yang terjadi antar dua variabel. Teknik sampling menggunakan accidental sampling dengan bantuan unggahan Instagram Story sehingga didapat 100 responden yang merupakan followers akun Instagram @lampuung. Hasil analisis menunjukkan tingkat intensitas followers menggunakan akun Instagram @lampuung tergolong sedang, namun hubungan yang terjadi antara konten media dengan followers tergolong kuat. Sementara dari tingkat pemenuhan kebutuhan informasi followers semuanya tergolong tinggi, walaupun kebutuhan integrasi dan interaksi sosial memiliki nilai yang lebih rendah dibandingkan empat kebutuhan lainnya. Berdasarkan dari hasil nilai koefisien korelasi yang didapat sebesar 0.561 masuk kategori cukup kuat dengan nilai signifikansi 0.00 yang berarti terdapat hubungan signifikan antara penggunaan akun Instagram @lampuung terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers mengenai objek wisata Lampung. Namun dari nilai koefisien determinasi diketahui bahwa kontribusi penggunaan akun Instagram @lampuung dalam memenuhi kebutuhan informasi followers mengenai objek wisata Lampung berkontribusi sebesar 31%, dan 69% berasal dari faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Vitania Yulia, S.Sos, MA
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 08 Dec 2022 03:09
Last Modified: 08 Dec 2022 03:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117784

Actions (login required)

View Item View Item