Karakteristik Kimia Pembuatan Sabun dari Lemak Sapi (Tallow) dengan Penambahan Sari Buah Senduduk (Melastoma malabathricum L.)

Dharma, Retno Puspa (2022) Karakteristik Kimia Pembuatan Sabun dari Lemak Sapi (Tallow) dengan Penambahan Sari Buah Senduduk (Melastoma malabathricum L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover Abstrak)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (50kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (112kB)
[img] Text (Penutup)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (55kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik kimia sabun dari lemak sapi (tallow) dengan penambahan sari buah senduduk (Melastoma malabathricum L.) yang berbeda terhadap kadar asam lemak bebas, aktivitas antioksidan,total fenol dan uji hedonik (kesukaan) meliputi warna, aroma dan daya busa. Materi penelitian ini menggunakan lemak sapi (tallow) sebanyak 3 kg yang diperoleh dari RPH Air Pacah, Kota Padang dan buah senduduk (Melastoma malabathricum L.) sebanyak 400 gram. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan.Perlakuan yang diberikan adalah penambahan sari buah senduduk (Melastoma malabathricum L.) A (0%), B (5%), C (10%), D (15%), E (20%). Peubah yang diamati adalah kadar asam lemak bebas, aktivitas antioksidan, total fenol dan uji hedonik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penambahan sari buah senduduk (Melastoma malabathricum L.) berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap kadar asam lemak bebas, aktivitas antioksidan, total fenol, uji hedonik warna dan daya busa sabun kecuali aroma. Hasil penelitian terbaik terdapat pada perlakuan B (5%) dengan kadar asam lemak bebas 0,272%, aktivitas antioksidan 41,82%, total fenol 235,37 mgGAE/gr dan penilaian sensori yang dapat diterima oleh panelis. Kata Kunci : tallow, sari buah senduduk, asam lemak bebas, antioksidan, fenol

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 05 Dec 2022 08:16
Last Modified: 05 Dec 2022 08:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117736

Actions (login required)

View Item View Item