Evaluasi Kualitas Pelayanan pada Inkubator Bisnis dalam Pendampingan Tenant (Studi Kasus: Inkubator Bisnis Teknologi Universitas Andalas)

Rozi, Gifari (2022) Evaluasi Kualitas Pelayanan pada Inkubator Bisnis dalam Pendampingan Tenant (Studi Kasus: Inkubator Bisnis Teknologi Universitas Andalas). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (86kB)
[img] Text (Bab 1 (Pendahuluan))
Bab 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (158kB)
[img] Text (Bab Akhir (Penutup))
Bab Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (51kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (190kB)
[img] Text (Tugas Akhir Utuh)
Tugas Akhir Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Peran inkubator bisnis dalam membantu mengembangkan dan meningkatkan daya saing UMKM telah banyak dirasakan oleh UMKM. Namun demikian, inkubator bisnis sering kali gagal dalam menyediakan program atau pelayanan sesuai dengan kebutuhan dari UMKM di tengah kondisi lingkungan yang sangat dinamis. Inkubator Bisnis Teknologi (Inbistek) Universitas Andalas merupakan lembaga yang melakukan kegiatan inkubasi bisnis, yaitu proses untuk mendukung pengembangan produk atau pengembangan bisnis perusahaan pemula (start-up/tenant) yang bertujuan untuk menjadi perusahaan yang berkelanjutan, hingga memiliki dampak positif bagi masyarakat. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan masih banyak keluhan yang dirasakan oleh tenant diantaranya program Inbistek tidak mampu menyediakan pelayanan yang diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kualitas pelayanan yang dirasakan oleh tenant dalam pendampingan di Inbistek, mengetahui prioritas atribut pelayanan yang harus ditingkatkan dalam mencapai kepuasan konsumen dan menentukan rekomendasi perbaikan untuk atribut dengan kualitas yang kurang memuaskan. Pengukuran kualitas pelayanan menggunakan metode ServQual. Selanjutnya juga dilakukan pengukuran dengan metode Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui tingkat kepentingan masing-masing indikator. Tahapan berikutnya yaitu mengetahui urutan prioritas dari atribut yang dinilai dengan menggunakan metode Potential Gain in Customer Value (PGCV) serta usulan perbaikan pelayanan dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD) Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan nilai gap ekspektasi dan persepsi secara keseluruhan yaitu -0,90. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan Inbistek Unand belum mampu mencapai harapan tenant. Kemudian didapatkan 5 atribut yang masuk kedalam area yang harus diperbaiki (kuadran I) yang terdiri dari indikator Ketanggapan mentor untuk menganalisis keadaan manajemen tenant, Jaminan branding usaha seperti pembuatan logo, desain, kemasan, dan foto produk, Inbistek memberikan edukasi untuk pengelolaan media sosial, Ketepatan mentor membantu tenant dalam melakukan standarisasi produk, dan Perhatian mentor membantu tenant dalam menghadapi permasalahan manajemen dan operasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Afri Adnan, M.T. Prima Fithri, M.T.
Uncontrolled Keywords: Inbistek, Kualitas Pelayanan, IPA, PGCV, QFD.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 02 Dec 2022 09:05
Last Modified: 02 Dec 2022 09:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117728

Actions (login required)

View Item View Item