Pengaruh Pelapis Campuran Gel Lidah Buaya (Aloe vera L.) Dengan Ekstrak Etanol Daun Sungkai Terhadap Umur Simpan Buah Stroberi (Fraaria sp.)

Fitri Yani, Fita (2022) Pengaruh Pelapis Campuran Gel Lidah Buaya (Aloe vera L.) Dengan Ekstrak Etanol Daun Sungkai Terhadap Umur Simpan Buah Stroberi (Fraaria sp.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (90kB)
[img] Text (Bab I (Pendahuluan))
BAB I (PENDAHULUAN) .pdf - Published Version

Download (61kB)
[img] Text (Bab Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (46kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Stroberi ( Fragaria sp.) merupakan salah satu buah yang tergolong non klimakterik dan termasuk kedalam komoditas yang mudah mengalami kerusakan dan pembusukan karena memiliki kenaikan laju respirasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pelapisan gel lidah buaya (Aloe vera L.) dan ekstrak etanol daun sungkai terhadap umur simpan buah stroberi selama penyimpanan. Parameter yang diuji yaitu penurunan berat, pembusukan, total padatan terlarut dan antioksidan total buah stroberi. Pelapisan buah stroberi dengan beberapa variasi konsentrasi ekstrak etanol daun sungkai dan gel lidah buaya telah dilakukan. Kualitas buah stroberi yang telah dilapisi dengan campuran gel lidah buaya 20% ekstrak etanol daun sungkai 70%, Carboxy Methyl Cellulose (CMC) 5% dan gliserol 5% pada perlakuan PDS70 lebih baik dibandingkan dengan buah tanpa diberi pelapisan. Buah stroberi yang dilapisi mengalami penurunan berat sebesar 24,14%, pembusukan sebesar 23,33%, total padatan terlarut sebesar 5,80 oBrix dan antioksidan total sebesar 0,23 mg AA/g FW pada 8 hari penyimpanan. Oleh karena itu, penambahan ekstrak etanol daun sungkai pada gel lidah buaya yang digunakan sebagai pelapis buah stroberi secara efisien dapat memperpanjang umur simpan, mempertahankan dan menjaga kualitas buah stroberi selama penyimpanan pascapanen. Kata kunci : Stroberi, Pelapisan, Pascapanen, Daun Sungkai

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 02 Dec 2022 03:00
Last Modified: 02 Dec 2022 03:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117695

Actions (login required)

View Item View Item