ANALISIS TINGKAT KEPUASAAN PASIEN PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI FASILITAS KESEHATAN TINGKAT PERTAMA KECAMATAN PADANG SELATAN KOTA PADANG TAHUN 2016

Zola, Pradipta (2016) ANALISIS TINGKAT KEPUASAAN PASIEN PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI FASILITAS KESEHATAN TINGKAT PERTAMA KECAMATAN PADANG SELATAN KOTA PADANG TAHUN 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB Akhir.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
TA UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan Penelitian Kepuasan pasien merupakan salah satu outcome yang ingin dicapai dalam implementasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Dari survey awal yang dilakukan, 47,3% responden menyatakan tidak puas dengan pelayanan yang diterima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasaan pasien peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di fasilitas kesehatan tingkat pertama Kecamatan Padang Selatan Kota Padang tahun 2016. Metode Penelitian ini menggunakan desain studi cross sectional. Penelitian ini dilakukan di FKTP (puskesmas) yang ada di Kecamatan Padang Selatan pada bulan Desember 2015 sampai Mei 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien peserta JKN di puskesmas kecamatan Padang Selatan dengan jumlah sampel sebanyak 105 orang. Cara pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode proportionate random sampling. Data diolah menggunakan SPSS dengan analisis univariat dan analisis diagram kartesius. Hasil Hasil penelitian menunjukan bahwa responden menyatakan bukti langsung pelayanan tidak baik (81,9%), kehandalan petugas tidak baik (30,5%), daya tanggap petugas tidak baik (78,1%), jaminan petugas tidak baik (74,3%) dan empati petugas tidak baik (28,6%). Kesimpulan Lebih dari separuh pasien menyatakan puas terhadap pelayanan yang diberikan petugas kepada pasien (63,8%). Namun, hasil penelitian ini masih menunjukkan belum terpenuhinya target kepuasan pasien jika dilihat pada Peta Jalan JKN yang menyebutkan bahwa paling sedikit 75% pasien menyatakan puas dengan pelayanan yang diberikan faskes. Daftar Pustaka : 33 (1996-2016) Kata Kunci : kepuasan pasien, FKTP, mutu pelayanan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 28 Jun 2016 02:04
Last Modified: 28 Jun 2016 02:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11762

Actions (login required)

View Item View Item