Zola, Pradipta (2016) ANALISIS TINGKAT KEPUASAAN PASIEN PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI FASILITAS KESEHATAN TINGKAT PERTAMA KECAMATAN PADANG SELATAN KOTA PADANG TAHUN 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
BAB Akhir.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (25kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
TA UTUH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Tujuan Penelitian Kepuasan pasien merupakan salah satu outcome yang ingin dicapai dalam implementasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Dari survey awal yang dilakukan, 47,3% responden menyatakan tidak puas dengan pelayanan yang diterima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasaan pasien peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di fasilitas kesehatan tingkat pertama Kecamatan Padang Selatan Kota Padang tahun 2016. Metode Penelitian ini menggunakan desain studi cross sectional. Penelitian ini dilakukan di FKTP (puskesmas) yang ada di Kecamatan Padang Selatan pada bulan Desember 2015 sampai Mei 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien peserta JKN di puskesmas kecamatan Padang Selatan dengan jumlah sampel sebanyak 105 orang. Cara pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode proportionate random sampling. Data diolah menggunakan SPSS dengan analisis univariat dan analisis diagram kartesius. Hasil Hasil penelitian menunjukan bahwa responden menyatakan bukti langsung pelayanan tidak baik (81,9%), kehandalan petugas tidak baik (30,5%), daya tanggap petugas tidak baik (78,1%), jaminan petugas tidak baik (74,3%) dan empati petugas tidak baik (28,6%). Kesimpulan Lebih dari separuh pasien menyatakan puas terhadap pelayanan yang diberikan petugas kepada pasien (63,8%). Namun, hasil penelitian ini masih menunjukkan belum terpenuhinya target kepuasan pasien jika dilihat pada Peta Jalan JKN yang menyebutkan bahwa paling sedikit 75% pasien menyatakan puas dengan pelayanan yang diberikan faskes. Daftar Pustaka : 33 (1996-2016) Kata Kunci : kepuasan pasien, FKTP, mutu pelayanan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | s1 kesehatan masyarakat |
Date Deposited: | 28 Jun 2016 02:04 |
Last Modified: | 28 Jun 2016 02:04 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11762 |
Actions (login required)
View Item |