KOMUNIKASI TENAGA KESEHATAN DALAM MENGAJAK MASYARAKAT MELAKUKAN VAKSINASI COVID-19 (Studi Deskriptif pada ASN di Puskesmas Pakan Rabaa)

Wiwin, Lestari (2022) KOMUNIKASI TENAGA KESEHATAN DALAM MENGAJAK MASYARAKAT MELAKUKAN VAKSINASI COVID-19 (Studi Deskriptif pada ASN di Puskesmas Pakan Rabaa). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (443kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan .pdf - Published Version

Download (352kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
Penutup .pdf - Published Version

Download (327kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (221kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text -WIWIN LESTARI 1810861001.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Program vaksinasi COVID-19 merupakan suatu upaya pemerintah dalam rangka menanggulangi pandemi COVID-19. Disamping itu, program tersebut juga merupakan suatu hal yang baru bagi masyarakat sehingga pemerintah harus berupaya agar program vaksinasi COVID-19 tersebut dapat direalisasikan kepada seluruh masyarakat. Salah satunya upaya dari pemerintah daerah Kab. Solok Selatan yaitu menggunakan para Aparatur Sipil Negara (ASN) daerahnya sebagai jembatan komunikasi pada masyarakat untuk turut serta melakukan vaksinasi COVID-19. Hal tersebut secara resmi diinstruksikan oleh Bupati Kab. Solok Selatan dalam bentuk Surat Edaran yang dikeluarkan pada awal Desember 2021. Dalam instruksi tersebut diharuskan kepada seluruh ASN Aparatur Sipil Negara ASN) untuk melakukan komunikasi terkait vaksinasi COVID-19 agar masyarakat dapat memahami, menerima, dan bersedia melakukan vaksinasi COVID-19. ASN dalam penelitian ini dikhususkan pada tenaga kesehatan di Puskesmas Pakan Rabaa dalam upaya melakukan komunikasi vaksinasi COVID-19 pada masyarakat. Penelitia ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana upaya komunikasi dan penggunaan teknik komunikasi yang dilakukan oleh tenaga kesehatan di Puskesmas Pakan Rabaa dalam mengajak masyarakat melakukan vaksinasi COVID-19. yang dapat dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Selain itu, wawancara dan observasi dengan para tenaga kesehatan di Puskesmas Pakan Rabaa juga dilakukan untuk mendapatkan data yang mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tenaga kesehatan di Puskesmas pakan melakukan upaya komunikasi dengan masyarakat berupa (a) memulai komunikasi dan memahami karakteristik masyarakat (b) menggunakan komunikasi interpersonal dan komunikasi kelompok (c) mengidentifikasi alasan masyarakat belum vaksin (d) penyampaian pesan, (e) umpan balik masyarakat (f) hambatan komunikasi. Serta teknik komunikasi yang digunakan yaitu teknik komunikasi informatif dan teknik komunikasi persuasif secara implisit. Kata Kunci: komunikasi, tenaga kesehatan Puskesmas Pakan Rabaa, vaksinasi COVID-19

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ernita Arif, M.Si
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 24 Nov 2022 04:34
Last Modified: 24 Nov 2022 04:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117518

Actions (login required)

View Item View Item