Hubungan Asupan Gizi Makronutrien Dan Mikronutrien Dengan Kejadian KEK Pada Remaja Putri Growth Spurt II Di WIlayah Kerja Puskesmas Lubuk Kilangan Tahun 2022

Defani, Anisa (2022) Hubungan Asupan Gizi Makronutrien Dan Mikronutrien Dengan Kejadian KEK Pada Remaja Putri Growth Spurt II Di WIlayah Kerja Puskesmas Lubuk Kilangan Tahun 2022. Masters thesis, Universitas Andalah.

[img] Text (Abstrak)
1. COVER DAN ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (161kB)
[img] Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (247kB)
[img] Text (BAB 7 Penutup)
3. PENUTUP.pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (178kB)
[img] Text (Full Tesis)
TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Remaja di Indonesia saat ini mengahadapi tiga masalah gizi atau triple burden of malnutrition, salah satunya adalah kekurangan gizi. Masalah kekurangan gizi pada masa ini jika tidak di atasi dan berlangsung lama maka akan terjadi Kekurangan Energi Kronik (KEK). Tujuan dari penelitian adalah melihat hubungan asupan karbohidrat, asupan protein, asupan kalsium, asupan zink, asupan zat besi dengan kejadian KEK pada remaja putri growth spurt II dan mengetahui faktor yang paling dominan berhubungan dengan kejadian KEK pada remaja putri growth spurt II di wilayah kerja Puskemas Lubuk Kilangan Kota Padang. Desain penelitian cross sectional, penelitian dilakukan di SD dan SMP wilayah kerja Puskesmas Lubuk Kilangan pada bulan juli 2022 - Agustus 2022. Sampel penelitian ini adalah remaja putri dengan rentang usia 10-14 tahun sebanyak 120 orang. Asupan karbohidrat, asupan protein, asupan kalsium, asupan zink, dan asupan zat besi diperoleh dengan kuesioner SQ-FFQ. Penelitian ini menggunakan analisis bivariat dengan uji chi-square dan analisis multivariat menggunakan uji regresi logistik berganda. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan asupan karbohidrat (p = 0.001), asupan protein (p = 0.029) dan asupan kalsium (p = 0.001) dengan kejadian KEK pada remaja putri. Tidak terdapat hubungan asupan zink (p = 0.218) dan asupan zat besi (p = 0.301) dengan kejadian KEK pada remaja putri. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan asupan karbohidat, asupan protein, dan asupan kalsium dengan kejadian KEK pada remaja putri. Tidak terdapat hubungan asupan zink dan asupan zat besi dengan kejadian KEK pada remaja putri growth spurt II. Asupan karbohidrat merupakan asupan yang paling dominan mempengaruhi kejadian KEK pada remaja putri growth spurt II.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: S2 Kebidanan kebidanan
Date Deposited: 14 Nov 2022 06:34
Last Modified: 14 Nov 2022 06:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117391

Actions (login required)

View Item View Item