STUDI KASUS: RENCANA TANGGAP DARURAT KELUARGA DENGAN ANAK BALITA DALAM PERSIAPAN MENGHADAPI ANCAMAN GEMPA BUMI DAN TSUNAMI DI RW 01 KELURAHAN PASIE NAN TIGO

Yurniati, Y (2022) STUDI KASUS: RENCANA TANGGAP DARURAT KELUARGA DENGAN ANAK BALITA DALAM PERSIAPAN MENGHADAPI ANCAMAN GEMPA BUMI DAN TSUNAMI DI RW 01 KELURAHAN PASIE NAN TIGO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (327kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (313kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (276kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (302kB)
[img] Text (Karya Ilmiah Akhir Fulltext)
Tugas Akhir Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan negara yang rawan terjadi bencana khususnya gempa bumi. Risiko bencana akan dirasakan lebih besar oleh balita karena belum bisa menyelamatkan diri sendiri sehingga dapat menyebabkan dampak fisik dan psikologis lebih pada balita. Membuat rencana tanggap darurat menjadi salah-satu usaha keluarga agar keluarga dan balita siap dalam menghadapi bencana gempa bumi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi rencana tanggap darurat keluarga dengan anak balita dalam persiapan menghadapi bencana gempa bumi di RW 01 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan memenuhi kriteria inklusi yang telah ditetapkan. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam terhadap 5 orang partisipan. Hasil wawancara ditrasnkrip secara verbatim dan diolah sehingga menghasilkan 3 tema. Pertama, rencana persiapan perlengkapan darurat keluarga dimana semua partisipan sudah memiliki rencana persiapan namun perlengkapan yang disiapkan belum lengkap. Kedua, rencana evakuasi keluarga dimana semua partisipan sudah mengetahui lokasi, rute dan rencana penyelamatan. Ketiga, mengenali sistem peringatan bencana dimana partisipan sudah menyiapkan diri dari segi informasi dan sistem peringatan bencana. Dengan begitu, diharapkan kepada keluarga dengan anak balita agar dapat melengkapi perlengkapan dan kebutuhan balita yang dibutuhkan saat terjadi bencana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.dr. Susmiati, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Keywords : Toddler Family, Emergency Response Plan, Earthquake, Tsunami
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 04 Nov 2022 08:43
Last Modified: 04 Nov 2022 08:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117312

Actions (login required)

View Item View Item