Capacity building dalam Pengelolaan Badan Usaha Milik Nagari Pakandangan EMAS Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat

Ahmad, Zainullah Hasan (2022) Capacity building dalam Pengelolaan Badan Usaha Milik Nagari Pakandangan EMAS Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (880kB)
[img] Text (BAB VI Penutup)
BAB VI Penutup.pdf - Published Version

Download (55kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Text (Tesis full text)
TESIS FULL_IZZAN .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kehadiran Badan Usaha Milik Nagari sebagai upaya pemerintah dalam menanggulangi masalah perekonomian masyarakat dengan cara memobilisasi pengelolaan aset nagari serta membantu dan mendukung usaha kecil masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam meningkatkan kualitas pengelolaan Badan Usaha Milik Nagari diperlukan metode peningkatan kapasitas pada sumber daya manusia, organisasi dan sistem. Penelitian ini dilakukan di Badan Usaha Milik Nagari Pakandangan EMAS Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Hal ini dikarenakan Badan Usaha Milik Nagari Pakandangan EMAS merupakan Badan Usaha Milik Nagari terbaik di Padang Pariaman dan merupakan Badan Usaha Milik Nagari yang menerapkan pengembangan kapasitas dalam pengelolaan Badan Usaha Milik Nagari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan kapasitas dalam pengelolaan Badan Usaha Milik Nagari Pakandangan EMAS Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori tingkatan pengembangan kapasitas menurut Manfred Popped dan Rainer Rohdewohld dalam GTZ yaitu tingkat individu, tingkat organisasi, dan tingkat sistem. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa upaya pengelolaan Badan Usaha Milik Nagari Pakandangan EMAS Kecamatan EnamLingkung Kabupaten Padang Pariaman sesuai dengan teori pengembangan kapasitas pada ketiga tingkatan yaitu individu, organisasi, dan system. Namun pada level organisasi di indikator sistem informasi manajemen Badan Usaha Milik Nagari Pakandangan EMAS Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman belum mempunyai website resmi sebagai media informasi yang berkaitan dengan pengelolaan Badan Usaha Milik Nagari yang dapat di akses oleh masyarakat.. Kata kunci : Pengembangan Kapasitas (Capacity Building),Badan Usaha Milik Nagari.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 administrasi publik
Date Deposited: 04 Nov 2022 03:33
Last Modified: 04 Nov 2022 03:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117307

Actions (login required)

View Item View Item