PELAYANAN ADMINISTRASI BERBASIS ONLINE DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN LIMA PULUH KOTA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Alya, Syahla (2022) PELAYANAN ADMINISTRASI BERBASIS ONLINE DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN LIMA PULUH KOTA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (137kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (294kB)
[img] Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (128kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text (Skrpsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Mengingat kondisi negara yang dalam masa pandemi ini akhirnya pemerintah mengeluarkan kebijakan pelayanan adminduk online selama pandemi Covid-19 yang sejauh ini dapat dikatakan mengubah layanan publik yang diberikan oleh pemerintah. Kebijakan tersebut dituangkan dalam Surat instansi Kementerian Dalam Negeri No. 443.1/2978/ Dukcapil per 16 Maret 2020, perihal Pelayanan Adminduk dan Pencegahan Covid-19. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan instansi pemerintah yang telah menerapkan pelayanan administrasi kependudukan secara online terhitung sejak Juni 2020. Namun dalam pelaksanaannya ternyata pelayanan administrasi secara online belum terlaksana dengan baik dan menimbulkan beberapa permasalahan, sehubungan dengan hal itu penulis melakukan penelitian ini dengan rumusan masalah yang dibahas pada skripsi ini yaitu: 1) bagaimanaaa Pelayanan Administrasi Berbasis online di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lima Puluh Kota Pada Masa Pandemi Covid-19, 2) Kendala-kendala yang dihadapi dalam Pelayanan Administrasi Berbasis online di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lima Puluh Kota Pada Masa Pandemi Covid-19. Untuk menyelesaikan masalah ini, peneliti menggunakan metode Yuridis Empiris yang mengambil sumber data dari penelitian lapangan dan studi dokumen. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Pelayanan Adminitrasi Kependudukan dilaksanakan melalui website resminya yaitu Smart Dukcapil, suatu sistem informasi berbasis web yang disusun berdasarkan prosedur dan memakai standarisasi khusus yang bertujuan menata sistem administrasi dibidang kependudukan sehingga tercapainya tertib administrasi. Mayarakat yang mengajukan pelayanan dapat mengakses aplikasi dan memilih layanan yang dibutuhkan serta meng-upload syarat-syarat yang diperlukan. 2) Kendala-kendala dalam Pelayanan Administrasi Berbasis online di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pada Masa Pandemi Covid-19 adalah kurangnya pemahaman masyarakat terhadap penggunaan Smart Dukcapil, website yang tidak dapat diakses, jaringan yang bermasalah, serta kesulitan bagi pegawai bidang pelayanan dalam membaca hasil foto maupun scan persyaratan yang dikirimkan oleh masyarakat. Kata Kunci: Pelayanan, Adminduk online, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Syofiarti, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 28 Oct 2022 07:44
Last Modified: 28 Oct 2022 07:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117099

Actions (login required)

View Item View Item