Studi Perilaku Penggunaan Mobil Pribadi Dengan Theory of Reasoned Action dan Theory of Planned Behavior

Dafi, Raihan Muhammad (2022) Studi Perilaku Penggunaan Mobil Pribadi Dengan Theory of Reasoned Action dan Theory of Planned Behavior. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (92kB)
[img] Text (Pendahuluan)
Bab 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (37kB)
[img] Text (Penutup)
Bab akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (129kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text Raihan Muhammad Dafi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pandangan masyarakat terhadap fenomena kemacetan yang sering terjadi di Kota Padang ini akan membentuk sikap dalam menanggapi permasalahan tersebut. Tingginya angka penggunaan kendaraan pribadi di Kota Padang mencerminkan sikap masyarakat yang kurang memiliki kesadaran terhadap permasalahan kemacetan yang terjadi. Niat masyarakat untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dipengaruhi oleh sikap individu, norma subjektif dari pandangan orang lain dan kontrol perilaku individu. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang pengaruh dari sikap, norma subjektif dan kontrol perilaku terhadap niat masyarakat dalam penggunaan mobil pribadi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didapatkan dengan membagikan kuesioner kepada masyarakat Kota Padang dan dianalisis menggunakan software SmartPLS 3.0. Metoda yang digunakan untuk menganalisis perilaku penggunaan mobil pribadi di Kota Padang adalah dengan Theory of Reasoned Action (TRA) dan Theory of Planned Behavior (TPB). TRA terdiri dari variabel sikap dan norma subjektif, sedangkan TPB terdiri dari variabel sikap, norma subjektif dan kontrol perilaku. Setelah dilakukan analisis, didapatkan bahwa sikap dengan TRA dan TPB berpengaruh signifikan terhadap niat masyarakat dalam penggunaan mobil pribadi dengan nilai T statistics 9,180 dan 1,737. Norma subjektif dengan TRA dan TPB berpengaruh signifikan terhadap niat masyarakat dalam penggunaan mobil pribadi dengan nilai T statistics 8,757 dan 2,420. Kontrol perilaku dengan TPB berpengaruh signifikan terhadap niat masyarakat dalam penggunaan mobil pribadi dengan nilai T statistics 8,744. Rekomendasi untuk permasalahan yang didapatkan adalah dengan membuat kebijakan oleh pemerintah yang bertujuan untuk menekan angka jumlah kepemilikan mobil pribadi, sebagai contoh kebijakan yang dapat diterapkan yaitu dengan menaikkan tarif pajak progresif kendaraan bermotor (PKB), menaikkan biaya parkir bagi pengguna mobil pribadi serta kebijakan lain yang bisa menjadi opsi dan dapat menekan angka jumlah kepemilikan dan penggunaan mobil pribadi. Kata kunci : Perilaku, Mobil Pribadi, Theory of Reasoned Action, Theory of Planned Behavior, Partial Least Square

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 27 Oct 2022 08:37
Last Modified: 27 Oct 2022 08:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/116784

Actions (login required)

View Item View Item