Strategi Pengembangan Usaha Kopi Bubuk Di Kelurahan Bukit Apit Puhun Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi

Amani, Aqilah (2022) Strategi Pengembangan Usaha Kopi Bubuk Di Kelurahan Bukit Apit Puhun Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (150kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (148kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (65kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Text
SKRIPSI UTUH_AQILAH AMANI_1810223012.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Meningkatkan jumlah produksi, meningkatkan atau mempertahankan jumlah pelaku usaha, dan memperluas pasar dari usaha kopi bubuk ini dilakukan untuk mengatasi persaingan usaha yang semakin meningkat. Sehingga perlu dilakukan perumusan strategi pengembangan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan profil usaha kopi bubuk, menganalisis faktor lingkungan internal dan faktor lingkungan eksternal dan merumuskan strategi pengembangan usaha kopi bubuk di Kelurahan Bukit Apit Puhun, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi. Metode analisa data dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan analisis SWOT dan QSPM. Berdasarkan hasil penelitian, perumusan strategi yang dihasilkan pada analisis SWOT adalah sebagai berikut: 1) Meningkatkan jumlah produksi dengan cara meningkatkan atau menjaga kualitas produk dan melakukan perluasan pasar dengan memanfaatkan tekonologi yang ada, 2) Melakukan kerja sama dengan pemerintah terkait kegiatan promosi, desain kemasan produk, dan modal usaha untuk mendukung perkembangan usaha, 3) Meningkatkan daya saing melalui keunggulan produk dengan aroma dan rasa yang khas serta menggunakan bahan baku yang berkualitas, 4) Melakukan perluasan pasar dengan menggencarkan promosi melalui media sosial dan kerja sama dengan e-commerce. Sedangkan dari hasil analisis QSPM, yang menjadi strategi prioritas adalah strategi keempat yaitu melakukan perluasan pasar dengan menggencarkan promosi melalui media sosial dan kerja sama dengan e-commerce dengan nilai STAS sebesar 6,22. Promosi dapat dilakukan dengan memanfaatkan media sosial dan aplikasi e-commerce yang ada sehingga dapat meningkatkan jumlah produksi dan melakukan perluasan pasar dengan jangkauan konsumen yang lebih luas. Disarankan pada usaha kopi bubuk untuk melakukan pengembangan usaha melelui perluasan pasar agar mampu meningkatkan penjualan dan disarankan juga untuk melakukan pencatatan usaha, baik pencatatan keuangan maupun catatan perencanaan usaha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 25 Oct 2022 08:32
Last Modified: 25 Oct 2022 08:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/115906

Actions (login required)

View Item View Item