Analisis Resepsi Masyarakat Kritis Terhadap Informasi Pada Media Sosial Tentang Vaksin COVID-19 di Kota Padang

Megaria, Tarida Siagian (2022) Analisis Resepsi Masyarakat Kritis Terhadap Informasi Pada Media Sosial Tentang Vaksin COVID-19 di Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (720kB)
[img] Text (BAB 1 - PENDAHULUAN)
BAB I - Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (198kB)
[img] Text (BAB 5 - PENUTUP)
BAB V - Penutup.pdf - Published Version

Download (67kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (224kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari sebuah permasalahan tentang vaksin COVID-19 yang merupakan program dari Dinas Kesehatan Kota Padang yang terjadi di kalangan masyarakat ketika pertama kali diperkenalkan oleh Pemerintah Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Padang serta informasi yang diterima masyarakat dari media sosial sehingga memahami perilaku serta pemaknaan yang terbentuk dari masyarakat kritis vaksin terhadap program vaksinasi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Paradigma yang digunakan adalah paradigma kritis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis fenomenologi interpretatif dan menggunakan reduksi epoche, eidetik, transendental. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebaran informasi seputar vaksin kurang maksimal, serta masyarakat kritis vaksin fokus kepada informasi yang berkaitan tentang ketakutan pada efek samping vaksin di masa yang akan datang. Informasi-informasi yang didapatkan membentuk serta memengaruhi pemaknaan, di mana setiap masyarakat yang kritis vaksin memiliki tindakan dan cara tersendiri dalam menjalankan aktivitas sesuai dengan apa yang menurut mereka adalah hal baik untuk diri sendiri. Kepercayaan terhadap apa yang dirasakan dan ketidakpercayaan terhadap kehadiran virus COVID-19 adalah bentuk resepsi yang terbentuk dalam masyarakat kritis vaksin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Emeraldy Chatra, M.I.Kom
Uncontrolled Keywords: Dinas Kesehatan Kota Padang, Informasi, Kepercayaan Masyarakat, Masyarakat Kritis Vaksin, Vaksinasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 25 Oct 2022 02:39
Last Modified: 25 Oct 2022 02:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/115741

Actions (login required)

View Item View Item