PERILAKU PENGGUNAAN SMARTPHONE PADA ANAK USIA PRASEKOLAH (Studi Kasus: Keluarga di Nagari Taluak IV Suku, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam)

Miftah, Syahrurama (2022) PERILAKU PENGGUNAAN SMARTPHONE PADA ANAK USIA PRASEKOLAH (Studi Kasus: Keluarga di Nagari Taluak IV Suku, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstark)
ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (271kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (435kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (221kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (335kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT UPLOAD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Miftah Syahrurama. 1710821007. Perilaku Penggunaan Smartphone Pada Anak Usia Prasekolah (Studi Kasus : Keluarga di Nagari Taluak IV Suku, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam). Pembimbing I: Dr. Lucky Zamzami, S.Sos, M.Soc, Sc. Pembimbing II: Dra. Yunarti, M.Hum. Jurusan Antropologi Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas. Perkembangan teknologi dalam situasi saat ini mempengaruhi semua sisi kehidupan manusia yang menggunakannya seperti penggunaan smartphone. smartphone merupakan salah satu sarana teknologi yang dapat mempermudah aktifitas seseorang baik itu untuk berkomunikasi secara audio maupun visual, memenuhi kebutuhan ekonomi, dan untuk hiburan. Dengan kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang besar pada kehidupan manusia. Dengan perkembangan teknologi ini juga memberikan dampak yang begitu besar terhadap generasi manusia yang lahir berdampingan dengan perkembangan teknologi saat ini dan sudah mulai mengenalnya. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui bagaimana latar belakang keluarga anak prasekolah pengguna smartphone di Nagari Taluak IV Suku Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. (2) Untuk mengetahui perilaku penggunaan smartphone pada anak usia prasekolah di Nagari Taluak IV Suku Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan beberapa tahapan, yaitu : (1) melakukan observasi langsung dengan melibatkan diri terjun langsung ke lapangan. (2) wawancara mendalam yang dibantu dengan pedoman wawancara. Sedangkan pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling, yaitu pemilihan informan secara sengaja dimana dipilih berdasarkan kriteria tertentu serta membagi informan kunci dan informan biasa. Hasil penelitian menunjukkan : perilaku penggunaan smartphone oleh anak prasekolah di Nagari Taluak IV Suku di pengaruhi oleh kondisi keluarga anak prasekolah itu sendiri seperti pengetahuan orang tua, pendidikan orang tua, pekerjaan dan pengawasan yang diberikan oleh orang tua kepada anaknya ketika menggunakan smartphone. Perilaku yang muncul pada anak usia prasekolah yang menggunakan smartphone di Nagari Taluak IV Suku seperti berkurangnya interaksi antar sesama anggota keluarga saat menggunakan smartphone, kemudian lebih cenderung individual dan memiliki ledakan amarah yang besar ketika tidak diberikan smartphone. Serta membuat anak menjadi ketergantungan dengan smartphone. Kata kunci : perilaku, smartphone, penggunaan smartphone, latar belakang keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 25 Oct 2022 03:41
Last Modified: 25 Oct 2022 03:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/115529

Actions (login required)

View Item View Item