Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informasi (DISKOMINFO) Pasaman Barat dalam Mempersuasi Masayarakat Meghadapi Adaptasi Kebiasaan Baru di Era Covid-19

Defti Pratiwi, Meisyi Naishilla (2022) Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informasi (DISKOMINFO) Pasaman Barat dalam Mempersuasi Masayarakat Meghadapi Adaptasi Kebiasaan Baru di Era Covid-19. Diploma thesis, Univeritas Andalas.

[img] Text
Cover & Abstract.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB1.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemunculan fenomena Covid-19 di Pasaman Barat, menyebabkan terjadinya banyak perubahan terhadap berbagai aspek kehidupan. Pemerintah berupaya mempersiapkan masyarakat untuk menghadapi tatanan hidup baru pasca terpaan Covid-19. Humas Diskominfo Pasaman Barat yang merupakan jembatan informasi dari pemerintah kepada masyarakat yang diharuskan melakukan komunikasi persuasif agar masyarakat dapat menerima perubahan yang telah terjadi dalam menghadapi tatanan hidup baru pasca terpaan Covid-19 ini dan bertindak sesuai dengan yang praktisi humas harapkan. Pengalaman humas dalam mempersuasi masyarakat menghadapi adaptasi kebiasaan baru dapat dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi melalui analisis data Interpretative Phenomenological Analysis. Selain itu, wawancara dan observasi dengan praktisi humas Diskominfo Pasaman Barat juga perlu dilakukan untuk mendapatkan data yang mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktisi humas Diskominfo Pasaman Barat melakukan komunikasi persuasif berdasarkan Standard Operating Procedure (SOP), dan mengalami hambatan dalam proses komunikasi persuasif. Adapun penyebab terjadinya hambatan tersebut adalah minimnya pengetahuan masyarakat mengenai bahaya Covid-19 dan kebanyakan masyarakat yang berpikir bahwasanya Covid-19 tidak ada. Padahal, praktisi humas Diskominfo Pasaman Barat telah berupaya melakukan komunikasi persuasif dengan memfokuskan untuk menjalin hubungan emosional dengan masyarakat. Selain itu praktisi humas juga menyampaikan pesan persuasif sesuai dengan kultur masyarakat Pasaman Barat. Kata kunci: Komunikasi Persuasif, Praktisi Humas, Interpretative Phenomenological Analysis, Covid-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 19 Oct 2022 08:26
Last Modified: 19 Oct 2022 08:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/115047

Actions (login required)

View Item View Item