KOMUNIKASI INTERPERSONAL PUSTAKAWAN DENGAN PEMUSTAKA DALAM PROSES PEMINJAMAN KOLEKSI DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ANDALAS

Leni, Marsih (2022) KOMUNIKASI INTERPERSONAL PUSTAKAWAN DENGAN PEMUSTAKA DALAM PROSES PEMINJAMAN KOLEKSI DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ANDALAS. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (342kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (332kB)
[img] Text (Bab Akhir)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (343kB)
[img] Text (Tesis Fulltext)
Tesis Fulltext .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Peminjaman koleksi adalah jenis layanan utama pada layanan sirkulasi yang disediakan oleh perpustakaan. Untuk dapat memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasan kepada pemustaka diperlukan kompetensi komunikasi interpersonal oleh pustakawan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, mencari fakta dan mengidentifikasi komunikasi interpersonal pustakawan dengan pemustaka dalam proses peminjaman koleksi, menggali kompetensi dan kecakapan komunikasi interpersonal serta menganalisa hambatan komunikasi yang terjadi pada komunikasi pelayanan di perpustakaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik analisis data yang digunakan adalah interaktif Miles and Hubberman sebagai acuan dalam mengolah data peneliti memakai teori kompetensi komunikasi dan teori interaksi simbolik. Hasil penelitian diperoleh tiga temuan. Pertama, Komunikasi interpersonal pustakawan dengan pemustaka dalam proses peminjaman koleksi terjadi secara verbal dan nonverbal. Pada saat memberikan pelayanan dalam berinteraksi pada proses peminjaman koleksi terjadinya komunikasi verbal lisan secara langsung dan juga komunikasi verbal tertulis. Semuanya tergantung pada situasi dan kondisi yang terjadi. Begitu juga dengan komunikasi verbal dan nonverbal terkadang sering juga dilakukan secara bersamaan. Kedua, Kompetensi dan kecakapan komunikasi interpersonal yang diberikan oleh pustakawan Universitas Andalas dalam peminjaman koleksi belum berkompenten, karena pustakawan kurang adanya kepekaan dalam menanggapi keluhan terhadap kebutuhan yang diinginkan pemustaka. Ketiga, terdapatnya hambatan dalam komunikasi interpersonal pustakawan dengan pemustaka berupa hambatan media dengan tidak memahami penggunaan media, tidak mengindahkan kode ataupun sandi, hambatan dari penerima pesan terhadap ketidakseriusan pemustaka akan informasi, serta adanya hambatan tuna rungu wicara oleh pemustaka.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ernita Arif, M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 13 Oct 2022 01:49
Last Modified: 13 Oct 2022 01:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/114565

Actions (login required)

View Item View Item