PENERAPAN METODE TOPSIS PADA PEMBANGUNAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MENU MAKANAN UNTUK PENDERITA KOLESTEROL (STUDI KASUS PUSKESMAS BELIMBING KOTA PADANG)

Difah, Alferina Putri (2022) PENERAPAN METODE TOPSIS PADA PEMBANGUNAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MENU MAKANAN UNTUK PENDERITA KOLESTEROL (STUDI KASUS PUSKESMAS BELIMBING KOTA PADANG). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text (BAB I)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI)
Bab 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (933kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (936kB)
[img] Text (Skripsi full text)
DifahAlferina_1811522019_LTA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Puskesmas merupakan suatu tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Pada Puskesmas sendiri memiliki berbagai macam pelayanan kesehatan, salah satunya yaitu pelayanan gizi. Pada pelayanan gizi di Puskesmas, Ahli gizi yang berperan sebagai pemberi keputusan pada pemilihan menu makanan yang dapat dikonsumsi oleh pasien kesulitan untuk merekomendasi menu makanan. Hal ini dikarenakan menu makanan yang ada terdapat dalam berbagai macam jenis. Dalam penelitian ini, diambil studi kasus Puskesmas Belimbing Kota Padang yang memiliki pasien penderita kolesterol yang paling banyak terjadi disana. Sehingga, penelitian ini berfokus pada menu makanan untuk penderita kolesterol dengan kriteria yang ditetapkan. Kriteria yang ditetapkan oleh Ahli gizi yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, serat dan mineral. Sedangkan, alternatif yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menu makanan bubur kacang hijau, bubur beras, tempe goreng, sayur bayam, ikan nila goreng, tahu kukus, pindang ikan patin, ayam goreng, telur balado, semur ayam. Oleh karena itu, Puskesmas membutuhkan sebuah Sistem Pendukung Keputusan yang dapat memudahkan Ahli gizi dalam memilih menu makanan terbaik dengan kriteria yang telah ditentukan. Penentuan dalam pemilihan menu makanan untuk penderita kolesterol pada Puskesmas ini akan menggunakan metode TOPSIS untuk menentukan prioritas atau ranking dari setiap alternatif. Alasan pemilihan metode TOPSIS untuk penelitian ini adalah karena perhitungan komputasinya lebih efektif, efisien dan cepat. Sehingga sistem yang akan dibangun dapat cepat menghasilkan keputusan. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini yaitu dapat memudahkan Ahli gizi dalam menentukan rekomendasi menu makanan terbaik dan memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ricky Akbar, M.Kom
Uncontrolled Keywords: SPK, Puskesmas, Ahli gizi, Kolesterol, TOPSIS
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 10 Oct 2022 04:39
Last Modified: 10 Oct 2022 04:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/114422

Actions (login required)

View Item View Item