FAKTOR RENDAHNYA PARTISIPASI LANSIA DALAM PROGRAM POSYANDU LANSIA Studi Pada Lansia Di Nagari Batagak, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam

Nadia Mulya, Nadia (2022) FAKTOR RENDAHNYA PARTISIPASI LANSIA DALAM PROGRAM POSYANDU LANSIA Studi Pada Lansia Di Nagari Batagak, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (234kB)
[img] Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (534kB)
[img] Text (BAB IV (Kesimpulan dan Saran))
BAB IV (Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version

Download (492kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (323kB)
[img] Text (SKRIPSI UTUH)
SKRIPSI UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan bagi penduduk lanjut usia pemerintah melalui Kementerian Kesehatan mengadakan program Pos Kesehatan Terpadu Lanjut Usia (Posyandu Lansia). Dalam pelaksanaannya diperlukan keinginan yang kuat dari lansia untuk berpartisipasi. Namun kenyataannya partisipasi lansia masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor internal dan faktor eksternal yang menyebabkan rendahnya partisipasi lansia dalam program posyandu lansia. Penelitian ini menggunakan teori partisipasi yang dikemukakan oleh Dusseldorp. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara mendalam. Pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian dan wawancara kepada informan ditemukan bahwa faktor internal yang menyebabkan rendahnya partisipasi lansia dalam program posyandu lansia yaitu (1) kuraangnya pengetahun lansia mengenai keberadaan posyandu lansia, (2) tidak terdapat motivasi untuk mengunjungi posyandu lansia, (3) tidak punya waktu luang untuk posyandu lansia. Kemudian faktor eksternal yang menyebabkan rendahnya partisipasi lansia dalam program posyandu lansia yaitu (1) kurang dukungan keluarga kepada lansia, (2) kurangnya informasi dari kader posyandu kepada lansia, (3) minimnya fasilitas kesehatan yang terdapat di posyandu lansia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Alfan Miko, M.Si Dr.Maihasni, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci:Lansia, Posyandu lansia, Partisipasi.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 11 Oct 2022 04:01
Last Modified: 11 Oct 2022 04:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/114407

Actions (login required)

View Item View Item