Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan Reproduksi dan Seksualitas Terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri dalam Pelecehan Seksual Di Panti Asuhan Al-Falah Kota Padang

Dewasdinarti, Vania Dominica (2020) Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan Reproduksi dan Seksualitas Terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri dalam Pelecehan Seksual Di Panti Asuhan Al-Falah Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (362kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (348kB)
[img] Text (BAB VII Penutup)
BAB VII Penutup.pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (585kB)
[img] Text (Full Text)
SKRIPSI FULL WATERMARK - VANIA DOMINICA DEWASDINARTI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pelecehan seksual kian marak terjadi dan rentan menimpa kelompok usia remaja terutama remaja putri. Kurangnya pengetahuan terkait kesehatan reproduksi dan seksualitas serta ketidaktahuan korban akan tindak pelecehan seksual membuat pelecehan seksual masih kerap terjadi dan tidak terlaporkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh pemberian pendidikan kesehatan reproduksi dan seksualitas terhadappengetahuan dan sikap dalam pelecehan seksual pada remaja putri di Panti Asuhan AlFalah Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Pre Experiment dengan rancangan The One Group PretestPosttest Designs. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Oktober 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja putri Panti Asuhan Al-Falah Kota Padang berusia 10-19 tahun. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 123 subjek. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Pengolahan data dilakukan dengan uji Wilcoxon Signed Ranks Test (ρ<0,05), menggunakan software SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pengetahuan remaja putri sebelum pemberian pendidikan kesehatan reproduksi dan seksualitas adalah 5,86 dan setelah pemberian pendidikan kesehatan adalah 7,23. Hasil analisis Wilcoxon Signed Ranks Test didapatkan nilai ρ value (ρ=0,001). Didapatkan juga rata-rata sikap sebelum pemberian pendidikan kesehatan adalah 52,41 dan setelah diberikan adalah 54,33. Hasil analisis Wilcoxon Signed Ranks Test didapatkan nilai ρ value (ρ=0,001). Terdapat pengaruh pemberian pendidikan kesehatan reproduksi dan seksualitas terhadap pengetahuan dan sikap dalam pelecehan seksual pada remaja putri Panti Asuhan Al-Falah Kota Padang. Diharapkan dengan penelitian ini, orangtua/guru/pengasuh/pihak terkait dapat memberikan pendidikan kesehatan reproduksi dan seksualitas khususnya masalah pelecehan seksual kepada remaja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 11 Oct 2022 03:21
Last Modified: 11 Oct 2022 03:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/114209

Actions (login required)

View Item View Item