Pengaruh Penambahan Ekstrak Air Tanaman pada Edible Coating Gel Lidah Buaya terhadap Kualitas dan Umur Simpan Buah Stroberi (Fragaria Sp.)

Tanjung, Miranda Febriani (2022) Pengaruh Penambahan Ekstrak Air Tanaman pada Edible Coating Gel Lidah Buaya terhadap Kualitas dan Umur Simpan Buah Stroberi (Fragaria Sp.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (75kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (53kB)
[img] Text (BAB Akhir)
BAB Akhir (Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version

Download (45kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text (Tugas Akhir (fulltext))
Tugas Akhir.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Stroberi termasuk buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia, salah satu faktor terpenting yang mempengaruhi umur simpan stroberi adalah kerentanannya yang tinggi terhadap kerusakan jaringan dan infeksi dari beberapa jenis jamur fitopatogenik selama penyimpanan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui komposisi gel lidah buaya yang ditambahkan ekstrak air tanaman (daun sungkai, kayu secang) yang tepat sebagai edible coating untuk buah stroberi. Analisis yang dilakukan pada penelitian ini yaitu uji penurunan berat buah, persen pembusukan, total padatan terlarut dan uji total antioksidan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelapisan gel lidah buaya yang digabungkan dengan ekstrak air daun sungkai lebih efektif sebagai pelapis daripada gel lidah buaya yang digabungkan dengan ekstrak air kayu secang. Stroberi yang dilapisi lidah buaya yang digabungkan dengan ekstrak air daun sungkai memiliki umur simpan selama 6 hari dengan penurunan berat buah sebesar 20,439%, persen pembusukan sebesar 15,56%, nilai total padatan terlarut sebesar 6,93oBrix, dan antioksidan total sebesar 0,35 mg AA/g FW.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 06 Oct 2022 07:41
Last Modified: 06 Oct 2022 07:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/114145

Actions (login required)

View Item View Item