VIRTUAL EVENT DALAM PERSPEKTIF BRAND EXPERIENCE (Studi Fenomenologi Pada Peserta Kursus Online Mengenai Digital Marketing yang Diselenggarakan Oleh RevoU)

Mutia, Kartika Sari (2022) VIRTUAL EVENT DALAM PERSPEKTIF BRAND EXPERIENCE (Studi Fenomenologi Pada Peserta Kursus Online Mengenai Digital Marketing yang Diselenggarakan Oleh RevoU). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (141kB)
[img] Text (cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (85kB)
[img] Text (Penutup)
BAB V (penutup).pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (177kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
skripsi full mutia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Fenomena kursus online saat ini menjadi hal yang menarik bagi konsumen. Pada era media baru yang menuntut konsumen untuk mencari ilmu dan mempraktekkan digital marketing untuk memanfaatkan teknologi komunikasi saat ini. Untuk mengisi waktu luang di rumah, banyak konsumen memilih untuk mengikuti kegiatan online. Salah satunya Kursus online selama dua minggu di RevoU dengan tema digital marketing secara gratis. Penelitian ini bertujuan menjelaskan pengalaman dari peserta kursus online mengenai digital marketing di RevoU. Penelitian ini menggunakan teori Budaya Partisipasi (Participatory Culture) oleh Henry Jenkins untuk menjelaskan pemaknaan kursus online bagi peserta RevoU Mini course Digital Marketing melalui pengalaman komunikasi dengan menggunakan konsep afiliasi, ekspresi, kolaborasi dalam pemecahan masalah dan sirkulasi membentuk arus media. Untuk menganalisis fenomena yang terjadi, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi Edmund Husserl. Adapun paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivis. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipan dan wawancara kepada tiga orang peserta yang telah menjalani kursus online di RevoU. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman komunikasi peserta kursus online secara singkat di RevoU dengan tema digital marketing adalah kursus tersebut merupakan komunitas yang asik dan menyenangkan, informatif, kemudahan dalam berkomunikasi, dan dapat menambah ilmu dan relasi. Sedangkan pemaknaan kursus online bagi peserta kursus online adalah memberi lebih banyak peluang (opportunity), efisien dan multitasking, dapat membangun koneksi, namun memiliki keterbatasan dalam mengekspresikan komunikasi nonverbal. Secara keseluruhan, brand experience dari peserta kursus online dengan tema digital marketing di RevoU adalah peserta merasa bahwa kegiatan ini memiliki banyak manfaat untuk dirinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Vitania Yulia, M.A Alna Hanana, S.I.Kom, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Brand Experience, Digital Marketing, Peserta Kursus Online, RevoU, dan Virtual Event
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 06 Oct 2022 07:30
Last Modified: 06 Oct 2022 07:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/113950

Actions (login required)

View Item View Item