HUBUNGAN DENSITAS ENERGI DAN KARBOHIDRAT SERTA KECUKUPAN ZAT GIZI DENGAN KADAR GLUKOSA DARAH PASIEN DM TIPE 2 PESERTA PROLANIS DI PUSKESMAS TANJUNG PATI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Anisa, Nur Izzati (2022) HUBUNGAN DENSITAS ENERGI DAN KARBOHIDRAT SERTA KECUKUPAN ZAT GIZI DENGAN KADAR GLUKOSA DARAH PASIEN DM TIPE 2 PESERTA PROLANIS DI PUSKESMAS TANJUNG PATI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Anisa Nur Izzati_1811221001_(1)Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (243kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
Anisa Nur Izzati_1811221001_(2)BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text (BAB 6 Penutup (Kesimpulan))
Anisa Nur Izzati_1811221001_(3)BAB 6 Penutup(Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Anisa Nur Izzati_1811221001_(4)Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (202kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Anisa Nur Izzati_1811221001_Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Diabetes melitus merupakan penyakit degeneratif yang tidak bisa disembuhkan dan prevalensinya terus meningkat setiap tahunnya. Pengaturan diet harus dilakukan pada pasien DM untuk mengendalikan kadar glukosa darah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara densitas energi dan densitas karbohidrat serta kecukupan zat gizi dengan kadar glukosa darah pasien DM peserta Prolanis Puskesmas Tanjung Pati Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini bersifat analitik deskriptif yang meneliti terkait hubungan antara densitas energi dan karbohidrat serta kecukupan zat gizi dengan kadar glukosa darah pada peserta Prolanis Puskesmas Tanjung Pati Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan sampel dipilih menggunakan Total Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode food recall 2x24 jam dan rekam medis. Data dianalisis secara univariat untuk mengetahui rata-rata dan distribusi frekuensi data responden. Analisis bivariat dilakukan menggunakan uji korelasi Spearman. Berdasarkan hasil penelitian, kadar glukosa darah responden tidak terkontrol. Rata-rata densitas energi responden termasuk ke dalam kategori sedang dan rata-rata densitas karbohidrat responden termasuk ke dalam kategori rendah. Kecukupan zat gizi responden belum mencukupi kebutuhan harian berdasarkan AKG. Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara densitas energi dan karbohidrat serta kecukupan zat gizi terhadap kadar glukosa darah pasien. Pasien disarankan untuk mengikuti anjuran diit yang diberikan oleh petugas Puskesmas dan melakukan aktivitas fisik secara rutin untuk menjaga kadar glukosa darah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 03 Oct 2022 02:08
Last Modified: 03 Oct 2022 02:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/113914

Actions (login required)

View Item View Item